In-depth

Henrikh Mkhitaryan Bukan 'Sepele', Dibuang Arsenal Kini Jadi Raja di Roma

Selasa, 12 Januari 2021 14:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kariernya habis di Inggris, Henrikh Mkhitaryan kembali jadi pembicaraan publik sepak bola Eropa berkat penampilan gemilangnya bersama AS Roma. Copyright: © Twitter@HenrikhMkh
Kariernya habis di Inggris, Henrikh Mkhitaryan kembali jadi pembicaraan publik sepak bola Eropa berkat penampilan gemilangnya bersama AS Roma.

INDOSPORT.COM - Nama Henrikh Mkhitaryan kembali jadi pembicaraan publik sepak bola Eropa berkat penampilan gemilangnya bersama klub Liga Italia, AS Roma. Mkhitaryan mengawali musim 2020/21 dengan sangat baik. 

Pemain asal Armenia itu menjadi top skorer AS Roma dan sekaligus tumpuan lini tengah Serigala Roma dalam mengarungi Liga Italia dan Liga Europa musim ini. 

Padahal, banyak orang yang menilai karier Mkhitaryan telah habis di usianya yang memasuki 31 tahun. Sebelum membela AS Roma, nama Henkrikh Mkhitaryan memang sempat melambung bersama dua klub Liga Inggris, Arsenal dan Manchester United.

Namun kariernya di Inggris telah berakhir setelah ia dibuang The Gunners pada musim panas lalu. Henrikh Mkhitaryan mulai menjadi sorotan setelah penampilan menjanjikannya bersama Shakhtar Donetsk. 

Di klub Ukraina tersebut, ia bermain sebanyak 106 kali dengan kontribusi 44 gol dan 23 assist. Mkhitaryan turut mengantar Shakhtar meraih tiga gelar liga Ukraina. 

Kegemilangannya di Ukraina membuat raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund, tertarik untuk merekrutnya. Di Dortmund, Mkhitaryan bermain selama tiga musim. 

Selama tiga musim itu, Mkhitaryan mencatatkan 140 penampilan dengan kontribusi 41 gol dan 49 assist.  
Di Jerman pula ia meraih gelar top skorer DFB Pokal.  

Penampilan gemilangnya di Jerman itu mengantar Mkhitaryan pada karier yang lebih menjanjikan. Ia diminta untuk bergabung bersama raksasa Liga Inggris, Manchester United. 

Kala itu Mkhitaryan didatangkan dengan nilai transfer 42 juta euro yang membuatnya menjadi pemain Armenia termahal sepanjang masa di Eropa. Sayang karier Mkhitaryan hanya seumur jagung. 

Di Man United ia hanya sanggup mencetak 13 gol dan 11 assist dari 63 penampilan selama dua musim. Penampilan itu mengecewakan manajemen Man United hingga ia akhirnya dilego ke klub rival, Arsenal. 

Di Arsenal, karier Mkhitaryan ternyata tak lebih baik. Pemain 31 tahun itu dilepas Arsenal setelah hanya satu musim bergabung. 

Padahal, di London ia jadi pemain reguler dengan catatan 9 gol dan 13 assist dari 59 laga di semua kompetisi. Karier Mkhitaryan pun dianggap telah selesai usai ia dibuang dari Arsenal. 

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%