Bola Internasional

Jalankan Program Latihan di Spanyol ini Kata Kiper Timnas Indonesia U-19

Selasa, 12 Januari 2021 15:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Timnas Indonesia U-19, Erlangga Setyo, mengaku tidak menemui kendala saat mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) di Spanyol.

Hanya saja, menurut kiper Persib Bandung U-18 ini, sejauh ini Timnas Indonesia U-19 belum bisa melakoni pertandingan uji coba. Padahal, sebelumnya skuat Garuda Nusantara sudah mempersiapkan beberapa agenda uji coba.

Meski begitu, Erlangga bersama rekan-rekannya di Tim Indonesia U-19 tetap bersemangat menjalankan seluruh program latihan yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sejauh ini Timnas U-19 melewati tiga laga uji coba yang sudah dirancang. Pertandingan tersebut adalah melawan Gimnastic Tarragona (03/01/21), Lleida Esportiu U-19 (05/01/21), dan Gimnastic Tarragona (07/01/21).

Sebagai gantinya, Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong kembali menjalani internal game di Complex Esportiu Futbol Salou, Spanyol, Minggu (10/1/2021).

"Kendalanya mungkin kita belum bisa melakoni pertandingan uji coba, cuma kemarin ada internal game. Kendalanya itu saja sih bagi saya," kata Erlangga, Senin (11/01/2021).

Erlangga menambahkan, cuaca di Spanyol saat ini cukup dingin, sehingga membutuhkan konsentrasi lebih terutama saat melakoni internal game. 

Meski begitu, masalah cuaca tidak terlalu menjadi kendala bagi penjaga gawang asal Jember ini dalam menjalankan program latihan yang diberikan pelatih. Pasalnya, Erlangga sudah beberapa kali mengikuti pemusatan latihan di Eropa.

"Masalah sih enggak, cuma kalau pas dingin ke telinga aja kerasa, kamarin pas internal game dua derajat kalau gak salah, terus cuaca dingin juga jadi fokus agak keganggu juga, cuma mainnya enak kemarin anak-anak," jelas Erlangga. 

Rencananya, Timnas Indonesia U-19 akan menjalani pemusatan latihan di Spanyol sampai dengan 31 Januari 2021 mendatang. TC ini merupakan persiapan Indonesia U-19 untuk berlaga di Piala AFC U-19 pada Maret 2021 di Uzbekistan.