In-depth

Paul Pogba, Dari Nyaris Hengkang Kini Jadi Pahlawan Manchester United

Rabu, 13 Januari 2021 13:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Meski masa depannya sempat diragukan, Paul Pogba sukses jadi pahlawan Manchester United berkat gol tunggalnya saat melawan Burnley di Liga Inggris. Copyright: © Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Meski masa depannya sempat diragukan, Paul Pogba sukses jadi pahlawan Manchester United berkat gol tunggalnya saat melawan Burnley di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Meski masa depannya sempat diragukan, Paul Pogba sukses jadi pahlawan Manchester United berkat gol tunggalnya saat melawan Burnley di Liga Inggris.

Sempat terpuruk hingga terdampar di peringkat 14 klasemen, Manchester United mulai menunjukkan kebangkitan di Liga Inggris. Usai kalah 0-1 dari Arsenal di pekan ketujuh, pasukan Ole Gunnar Solskjaer ini menggila dengan tak terkalahkan di 11 laga berikutnya, dengan rincian 9 menang dan 2 seri.

Terbaru, MU mengalahkan tuan rumah Burnley 1-0, Rabu (13/01/21) WIB. Kemenangan ini pun terasa istimewa karena membawa Manchester United naik ke puncak klasemen Liga Inggris menggusur juara bertahan Liverpool.

United kini mengoleksi 36 poin dari 17 pertandingan, hasil dari 11 kemenangan, 3 seri, dan 3 kalah. Sementara itu, Liverpool mengoleksi 33 poin dari jumlah pertandingan yang sama.

Seusai laga, sorotan pun tertuju kepada Paul Pogba. Pasalnya, bintang asal Prancis itu sempat diragukan bakal tampil karena sempat mengawali cedera.

Namun, ternyata Pogba bisa pulih tepat waktu dan tampil sebagai pemain mula. Istimewanya, ia kemudian menjadi pahlawan kemenangan MU, lewat gol tunggalnya yang dicetak lewat tendangan voli memanfaatkan umpan Marcus Rashford.

Sukses menjadi pahlawan yang mengantarkan Manchester United ke puncak klasemen Liga Inggris seolah berbalik dengan situasi yang menimpa Pogba beberapa waktu lalu.

Di awal musim ini, performa Paul Pogba memang terbilang pas-pasan. Dalam 8 laga pertama MU di Liga Inggris musim ini, ia tak mencetak satu pun gol maupun assist. Menurunnya kinerja Pogba memengaruhi performa MU yang menelan 3 kekalahan dari 8 laga tersebut.

Situasi pun kemudian memburuk setelah pada awal Desember lalu agennya, Mino Raiola, mengklaim sang gelandang sudah tak lagi bahagia di Old Trafford. Raiola pun kemudian meminta agar Pogba diizinkan pindah agar pihak klub dan pemain tidak dirugikan.

Ucapan Raiola itu pun langsung memicu spekulasi tentang masa depan Pogba. Dengan kontrak yang bakal habis pada Juni 2022, ia pun santer disebut akan hengkang di bursa transfer Januari ini atau musim panas nanti agar Manchester United bisa mendapatkan uang cukup besar dari penjualannya.

Sang gelandang pun kemudian disebut akan kembali ke pelukan Juventus. Ia bahkan diklaim tinggal selangkah lagi kembali ke skuat Si Nyonya Tua setelah Mino Raiola sempat terlihat di Turin pada pertengahan Desember lalu.

Namun, spekulasi itu rupanya tidak memengaruhi kepercayaan Ole Gunnar Solskjaer terhadap Pogba. Sang manajer tetap memercayai Pogba untuk tampil di 7 dari 8 pertandingan terakhir MU di Liga Inggris, termasuk melawan Burnley.

Di sisi lain, Pogba pun tampak tak terpengaruh dengan spekulasi masa depannya. Penampilannya justru membaik sehingga ia menorehkan 2 gol dan 1 assist sejak Desember lalu, termasuk golnya saat melawan Burnley.

Secara khusus, penampilan Paul Pogba saat melawan Burnley memang istimewa. Tak hanya mencetak gol, di laga itu ia juga mencatatkan sentuhan terbanyak (104), menang duel terbanyak (12), menang duel udara terbanyak (5), clearance terbanyak (5), dan penciptaan peluang terbanyak (2).  

Dari statistik itu, terlihat bahwa Pogba melakukan tugas bertahan dan menyerang dengan sama baiknya di laga tersebut.

Seusai laga, Pogba sendiri mengaku bahagia sehingga seolah menepis ucapan Raiola. “Hari ini kami menang, jadi saya sangat bahagia. Saya bahagia kami bermain dengan baik dan senang karena kami kini ada di puncak.”

Membaiknya suasana hati dan performa Pogba pun terbukti telah membawa Manchester United ke puncak klasemen Liga Inggris.

Bukan tidak mungkin, Paul Pogba yang sempat nyaris hengkang bakal meneruskan kepahlawanannya dengan membawa Setan Merah mengakhiri puasa 8 musim di Liga Inggris, dan bertahan lebih lama di Old Trafford karenanya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%