Bola Internasional

Deretan Pemain Bintang yang Berawal dari Anak Gawang

Kamis, 14 Januari 2021 13:27 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Alvaro Morata dari Juventus mengontrol bola selama pertandingan fase Grup G Liga Champions UEFA antara Juventus dan FC Barcelona Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Alvaro Morata dari Juventus mengontrol bola selama pertandingan fase Grup G Liga Champions UEFA antara Juventus dan FC Barcelona

INDOSPORT.COM – Menjadi pesepak bola adalah mimpi setiap anak. Terkadang banyak jalan terjal dilalui untuk menjadi seorang pemain, termasuk di antaranya menjadi anak gawang dalam sebuah pertandingan.

Anak gawang atau Ball Boy menjadi salah satu elemen penting di pertandingan sepak bola. Perannya terbilang vital meski hanya sekadar memungut bola dan memberi bola yang keluar dari permainan.

Profesi ini memang terkesan membosankan. Namun bagi setiap anak-anak yang menyukai sepak bola, profesi ini membuat mimpi mereka untuk dekat atau melihat langsung gaya bermain pemain idola terwujud.

Pun di profesi ini saat ini, anak gawang terkadang ketiban durian runtuh. Seperti mendapat jersey yang dikenakan pemain idolanya .

Contoh nyatanya terjadi saat UEFA Super Cup 2019. Saat itu bintang Liverpool, Sadio Mane memberikan jersey yang ia kenakan di pertandingan kepada anak gawang.

Momen kecil seperti ini membuat banyak orang merasa tersentuh. Bahkan momen seperti ini juga menjadi momen berharga bagi si anak gawang di hidupnya.

Menjadi anak gawang pun dewasa ini mulai seperti menjadi titik utama bagi anak-anak untuk menjadi pemain ternama. Pasalnya, dari profesi sebagai anak gawang lah, mereka bisa mempelajari strategi dan permainan secara langsung.

Utamanya, anak gawang di klub-klub Eropa dipilih dari akademinya sendiri. Tak ayal banyak kasus anak gawang di sepak bola Eropa yang kini menjadi pemain ternama.

Berikut deretan pemain ternama yang dulunya hanyalah seorang anak gawang di tepi lapangan.

1. Alvaro Morata

Alvaro Morata saat ini masih dikenal sebagai salah satu bomber tajam. Tak ayal dirinya membela tim-tim besar sepanjang kariernya seperti Real Madrid, Chelsea, Atletico Madrid, hingga kini Juventus.

Siapa sangka sebelum menjadi bomber tajam seperti sekarang, Morata sempat menjajal profesi anak gawang. Tepatnya saat dirinya berada di akademi Atletico Madrid.

2. Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi menjadi salah satu pemain muda bertalenta yang menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola. Ia dianggap sebagai talenta terbaik yang dimiliki akademi Chelsea.

Sebagai pemain akademi, ia pun sempat menjajal profesi anak gawang di Stamford Bridge. Hal tersebut terlihat dari dokumentasi pada musim 2013/14 di mana Samuel Eto’o merayakan golnya dengan anak gawang yang tak lain adalah Hudson-Odoi.