Liga Spanyol

Mengingat Kembali Pemain Hebat Pemilik Nomor 10 Sebelum Lionel Messi di Barcelona

Kamis, 14 Januari 2021 17:50 WIB
Editor: Juni Adi
© GETTYIMAGES
Juan Roman Riquelme. Copyright: © GETTYIMAGES
Juan Roman Riquelme.

INDOSPORT.COM - Pengguna jersey bernomor punggung 10 dalam sebuah tim biasanya adalah pemain yang spesial.

Rata-rata mereka adalah bintang di klub tersebut dan berposisi sebagai striker atau playmaker yang menampilkan permainan cemerlang.

Berbicara Barcelona, saat ini, nomor punggung 10 di klub tersebut sangat identik dengan Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga itu sudah mengenakan nomor keramat tersebut sejak musim 2008/09 silam.

Barcelona hampir saja kehilangan Messi, jika saja keinginan sang pemain untuk pindah disetujui manajemen klub berjuluk Blaugrana tersebut. Namun akhirnya Messi memutuskan untuk tetap bertahan di Camp Nou.

Di usianya yang sudah 33 tahun, karier Messi di Barcelona kemungkinan akan segera usai pada akhir musim ini. Namun bagaimanapun, dirinya adalah salah satu pemilik nomor punggung 10 Barcelona terbaik sepanjang sejarah.

Sebelum Messi, para pemain yang mengenakan nomor punggung 10 di Barcelona adalah bintang dengan talenta spesial. Berikut ini adalah tiga pemilik nomor 10 sebelum era Messi:

1. Ronaldinho

Ronaldinho dibeli Barcelona dari PSG pada tahun 2003. Ia langsung mengenakan nomor 10 saat pertama kali mendarat di Camp Nou hingga musim 2007/08.

Ronaldinho adalah salah satu pemain terbaik di dunia yang pernah ada. Dia adalah penyihir di lapangan, dengan dibekali skill olah bola yang luar biasa.

Mungkin kita tidak akan pernah melupakan bagaimana sihir Ronaldinho membuat seisi Santiago Bernabeu memberikan standing ovation kepada dirinya berkat penampilannya yang memukau saat Barca mengalahkan Real Madrid.

Setelah membantu Barcelona meraih dua gelar Liga Spanyol dan satu trofi Liga Champions, Ronaldinho melanjutkan kariernya di AC Milan pada 2008. Mantan playmaker Timnas Brasil itu kemudian mewarisi nomor 10 kepada Messi.

2. Juan Roman Riquelme

Juan Roman Riquelme adalah salah satu playmaker jenius asal Argentina. Ia didatangkan Barcelona pada tahun 2002 dari klub Argentina, Boca Juniors.

Riquelme pun langsung memakai nomor punggung 10 di Barcelona pada musim 2002/03. Meski penampilannya cukup memuaskan, namun ia gagal membawa Barcelona juara dan terpuruk di peringkat enam klasemen akhir musim 2002/03.

Ia pun dipinjamkan ke Villarreal pada musim berikutnya. Riquelme akhirnya dipermanenkan oleh The Yellow Submarine setelah musim 2003/0 4 berakhir.

3. Rivaldo

Rivaldo didatangkan Barcelona dari Deportivo La Coruna pada tahun 1997. Striker asal Brasil ini awalnya memakai nomor 11 di Blaugrana.

Kemudian ia mengenakan nomor 10 di Barcelona pada musim 2000/01 dan 2001/02. Namun, menariknya adalah, keberuntungannya justru ada di nomor 11, karena ia meraih dua trofi Liga Spanyol dengan mengenakan nomor tersebut.

Rivaldo bermain selama lima musim di Barcelona. Ia melanjutkan kariernya di AC Milan pada musim 2002/03 dan 2003/04.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%