Liga Indonesia

Resmi! AFC Batalkan Turnamen Piala Asia U-16 dan U-19

Jumat, 15 Januari 2021 22:24 WIB
Editor: Coro Mountana
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

INDOSPORT.COM – Kabar buruk datang dari AFC yang telah secara resmi membatalkan turnamen Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 untuk tahun 2021.

Informasi itu didapatkan setelah AFC mengirim surat resmi kepada PSSI selaku induk sepak bola Indonesia pada 15 Januari 2021. Berdasarkan situs resmi PSSI, AFC memutuskan untuk membatalkan turnamen Piala Asia U-16 dan U-19 tahun ini.

Hal itu dikarenakan dampak dari virus corona masih sangat mengkhawatirkan sehingga diambil kebijaksanaan bahwa turnamen Piala Asia U-16 dan U-19 sebaiknya dibatalkan saja. Tak hanya Piala Asia U-16 dan U-19 saja ternyata, ada banyak kompetisi lain yang terkena dampaknya juga.

Disebutkan jika AFC juga membatalkan kompetisi sepak bola putri, futsal dan sepak bola pantai. Kembali ke Piala Asia U-16 dan U-19, meski belum menentukan tanggal pasti, tapi rencananya AFC akan menggelar Kembali pada 2023.

Jadi nantinya kompetisi tersebut akan berganti nama menjadi AFC U-20 Asian Cup 2023 dan AFC U-17 Asian Cup 2023 dengan hak tuan rumah tetap diberikan pada Uzbekistan dan Bahrain. Dengan kata lain Timnas Indonesia U-16 dan U-19 tak akan tampil di Piala Asia tahun ini.

Ketua PSIS, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule ikut memberikan komentar terkait keputusan mengejutkan AFC itu. Menariknya, Iwan Bule bisa mengambil sisi positif di balik pembatalan itu dengan waktu persiapan jadi Panjang.

“Kita hormat keputusan ini, PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita jadi punya waktu yang Panjang untuk mempersiapkan tim U-16 dan U-19,” kata Mochamad Iriawan seperti yang dinukil dari situs resmi PSSI.

Piala Asia U-16 sedianya akan diselenggarakan pada November 2021 dengan Timnas Indonesia U-16 akan bertemu China, Arab Saudi dan Jepang.

Sedangkan Piala Asia U-19 seharusnya dimulai di Uzbekistan pada Oktober, dengan Timnas Indonesia U-19 bertemu tuan rumah, Kamboja dan Iran.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%