Bursa Transfer

Arsenal Ditampar, Mesut Ozil Digaji Kecil tapi Bonus Selangit di Fenerbahce

Selasa, 19 Januari 2021 10:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Instagram/@m10_official
Mezut Ozil membawa atribut Fenerbahce. Copyright: © Instagram/@m10_official
Mezut Ozil membawa atribut Fenerbahce.

INDOSPORT.COM – Mesut Ozil membuat tamparan untuk Arsenal. Bergabung dengan klub Turki, Fenerbahce, gelandang asal Jerman itu bersedia menerima gaji yang sangat kecil namun bonusnya selangit. 

Mesut Ozil membuat keputusan tak terduga. Dia akhirnya menyerah bertahan di Arsenal, dengan mengakhiri kontrak bersama tim yang sudah mengasingkannya dari seluruh turnamen sejak 7 Maret 2020.

Berstatus bebas transfer, gelandang berusia 31 tahun itu kemudian menerima tawaran dari klub idola masa kecilnya, Fenerbahce. Kepindahannya ke Turki ini memang sudah diisyaratkan oleh Ozil sejak beberapa pekan terakhir.

Meski begitu, kesepakatannya dengan Fenerbahche tampaknya menjadi tamparan berat bagi Arsenal. Terutama dalam hal gaji yang akan dikantongi Ozil selama tiga setengah tahun kontrak.

Dilansir dari Sun Sport, Ozil akan menerima pemotongan gaji hingga 282 ribu pounds atau setara Rp5,3 miliar per pekannya saat menyepekati transfer ke Fenerbahce.

Kesepakatan ini  membuat Ozil meraup pendapatan hanya sebesar 68 ribu pounds atau Rp1,3 miliar per pekan. Upah ini bisa dibilang cukup minim mengingat Ozil  sebelumnya menjadi pemain dengan bayaran termahal di Arsenal.

Dalam waktu tujuh tahunnya bermain untuk The Gunners, Ozil telah mengantongi gaji sebesar 350 ribu pounds atau Rp6,7 miliar.

Angka ini sempat menjadi masalah ketika sang pemain tak mau dipotong gajinya sebagai dampak dari pandemi virus corona yang menghantam klub London Utara setahun terakhir.

Meskipun Ozil hanya mengantongi gaji yang lebih kecil dari penghasilannya di Arsenal, pemenang Piala Dunia 2010 itu berpotensi meraup sejumlah besar bonus atas performanya dengan raksasa Turki.

Ozil dijanjikan bonus sebesar 445 ribu pounds apabila dia  membantu Fenerbahce meraih gelar liga pertama sejak 2014. Pasuk Erol Bulut itu diketahui berada di urutan kedua dalam klasemen.

Selain itu, tim berjuluk The Yellow Cannaries ini juga memasuk  musim kedua secara beruntun tanpa tampil di sepak bola Eropa. Namun, bila Ozil bisa membawa tim ke Liga Champions musim depan, dia bakal menerima bonus lagi sebesar 222 ribu pounds.

Bila Ozil mampu mewujudkan dua persyaratan Fenerbahce di akhir musim, dia total bisa mengantongi bonus sebesar 667 ribu pounds atau Rp12,7 miliar. Hampir dua kali lipat dari  gajinya selama di Arsenal.

Ini akan menjadi awal yang indah bagi Mesut Ozil. Tersingkir dari skuat karena diasingkan manajemen Arsenal dan tak dimasukkan ke dalam skuat untuk Liga Inggris serta Liga Europa, kesabaran playmaker berusia 32 tahun ini akhirnya berbuah manis.

Selama merumput untuk Arsenal, Mesut Ozil tercatat telah mencetak 33 gol dan 54 assists dalam 184 penampilannya di Liga Inggris sejak ditebus dengan mahar selangit dari Real Madrid pada tahun 2013 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
13%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%