In-depth

Bidik 5 Pengganti Mesut Ozil, Siapa yang Paling Tepat untuk Arsenal?

Sabtu, 16 Januari 2021 19:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Arsenal mengincar 5 pemain di bursa transfer Januari untuk menggantikan Mesut Ozil yang merapat ke Fenerbahce. Siapakah yang paling tepat untuk The Gunners? Copyright: © Getty Images
Arsenal mengincar 5 pemain di bursa transfer Januari untuk menggantikan Mesut Ozil yang merapat ke Fenerbahce. Siapakah yang paling tepat untuk The Gunners?

INDOSPORT.COM - Arsenal mengincar lima pemain di bursa transfer Januari untuk menggantikan Mesut Ozil yang merapat ke Fenerbahce. Siapakah yang paling tepat untuk The Gunners?

Hubungan Mesut Ozil dan Arsenal tampaknya akan segera berakhir. Laman The Athletic menyebut baik The Gunners maupun sang pemain telah menyepakati pemutusan kontrak, sehingga bintang asal Jerman itu bisa meninggalkan Emirates Stadium sebagai pemain bebas transfer.

Kontrak Ozil sebenarnya baru habis akhir musim ini. Namun, sejak awal musim ia dibekukan Mikel Arteta dengan tidak didaftarkan ke dalam skuat. Ia pun kini tinggal selangkah lagi hijrah ke negara asal leluhurnya, Turki, untuk bergabung dengan Fenerbahce.

Absennya Ozil sejak awal musim terbilang memengaruhi penampilan Arsenal musim ini. Minimnya kreativitas membuat produktivitas Pierre-Emerick Aubameyang dkk menurun sehingga The Gunners sempat gagal menang di tujuh laga beruntun.

Meski belakangan terbantu performa Emile Smith Rowe yang tampil gemilang sebagai gelandang nomor 10, mengandalkan pemain berusia 20 tahun itu hingga akhir musim tentu terbilang berisiko.

Akibatnya, Arsenal pun memanfaatkan bursa transfer Januari ini untuk mendatangkan gelandang baru guna mengisi tugas sebagai pemain kreatif yang ditinggalkan Mesut Ozil. Sejauh ini, sedikitnya ada 5 pemain yang dikaitkan dengan Arsenal.

Lantas, siapakah yang paling tepat untuk didatangkan ke Emirates Stadium? Berikut ulasannya.

Jack Grealish

© James Williamson - AMA/Getty Images
Jack Grealish Copyright: James Williamson - AMA/Getty ImagesJack Grealish

Sempat disebut menjadi incaran Manchester United, nama Jack Grealish mendadak justru dikaitkan dengan Arsenal setelah eks pelatih Tottenham, Harry Redknapp, menyebut Grealish adalah sosok yang dibutuhkan The Gunners.

Jack Grealish memang jadi kunci Aston Villa menembus 10 besar musim ini dengan 5 gol dan 9 assist. Gaya permainannya pun dinilai sesuai dengan Mikel Arteta dan ia tak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Namun, harganya yang mencapai 100 juta pounds (Rp1,9 triliun) di luar jangkauan The Gunners.

Emiliano Buendia

© Norwich City
Mari mengenal Emiliani Buendia, wonderkid Norwich City yang menjadi jelmaan Eden Hazard di Liga Inggris 2019-2020. Copyright: Norwich CityEmiliano Buendia

Meski hanya bermain di Divisi Championship, Emiliano Buendia menarik perhatian Arsenal berkat torehan 7 gol dan 7 assist serta membawa Norwich City ke puncak klasemen. Walaupun posisi naturalnya adalah sayap kanan, ia dinilai bisa menjadi solusi minimnya kreativitas Arsenal.

Kehadiran Buendia membuka peluang terbentuknya trio muda nan mematikan bersama Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka. Apalagi, ia sudah punya pengalaman tampil di kasta teratas Liga Inggris musim lalu.

Meski banderolnya yang mencapai 40 juta pounds masih sedikit terlalu mahal, The Gunners punya peluang menurunkan harga itu dengan menyertakan satu pemain mudanya sebagai ganti, seperti Joe Willock atau Eddie Nketiah.