Liga Indonesia

Bercita-cita Jadi Pelatih, Hansamu Yama Maksimalkan Kursus Lisensi C AFC

Rabu, 20 Januari 2021 17:35 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/Indosport
Defender Persebaya, Hansamu Yama Pranata ikut kursus. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport
Defender Persebaya, Hansamu Yama Pranata ikut kursus.

INDOSPORT.COM - Kursus kepelatihan lisensi C AFC telah berlangsung selama tiga hari di Malang, Jawa Timur. Agenda ini sejatinya dimulai pada Senin (18/1/21) dan berakhir pada Minggu (31/1/21).

Salah satu pemain Persebaya Surabaya yang mengikuti kursus kepelatihan, Hansamu Yama Pranata, tampak memaksimalkannya. Dia bersemangat karena sejak awal sudah bercita-cita menjadi pelatih kelak. 

"Karena saya memang dari dulu ada keinginan menjadi pelatih. Makanya kesempatan ini harus dimaksimalkan. Untuk mengisi waktu. Mumpung liga belum mulai ya saya ikut," kata Hansamu Yama, Rabu (20/1/21).

Selama menjalani kursus kepelatihan, bek Persebaya Surabaya itu mengaku tidak menemui kendala berarti. Sebab, ada lumayan banyak pemain aktif Liga 1 yang ikut ambil bagian bersamanya.

"Kebetulan ada sesama teman yang masih aktif juga di sini, jadi enak tidak canggung sama sekali," jelas bek kelahiran Mojokerto tersebut.

Selain Hansamu Yama, beberapa pemain Persebaya juga ikut mengambil kursus kepelatihan lisensi C AFC, yakni Oktafianus Fernando dan M. Syaifuddin. Keduanya sempat melakukan persiapan sebelum bertolak ke Malang.

Di antaranya memberikan coaching clinic kepada pemain-pemain muda di SSB, seperti yang dilakukan Ofan, kemudian Hansamu Yama juga melatih SSB Aston Vila yang berada di daerah Surabaya Barat.