In-depth

Bedah Formasi Liverpool jika Mbappe Datang, Ada yang Tergusur?

Sabtu, 23 Januari 2021 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images/Julian Finney
Apa jadinya jika Kylian Mbappe (PSG) benar merapat ke Liverpool? Copyright: © Getty Images/Julian Finney
Apa jadinya jika Kylian Mbappe (PSG) benar merapat ke Liverpool?

INDOSPORT.COM - Kira-kira akan seperti apa formasi Liverpool apabila benar kedatangan bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe? Apakah ada yang bakal tergusur?

Sejatinya, The Reds bukanlah klub yang banyak dirumorkan akan mendatangkan amunisi anyar setiap bursa transfer pemain dibuka. Baik manajemen maupun Jurgen Klopp sendiri nampaknya cukup santai meski mereka disebut-sebut kekurangan stok bek tengah.

Ya, jika diberitakan akan memboyong sejumlah pemain seperti Dayot Upamecano, Jan Oblak, atau David Alaba, mungkin masih wajar. Akan tetapi, apa yang terjadi jika Kylian Mbappe yang datang?

Jelas saja pemain asal Prancis itu tidak akan ditempatkan di lini pertahanan sebagai pengganti Virgil van Dijk atau semacamnya. Jika ia merapat, tentu tugasnya adalah membantu Liverpool dalam urusan menyerang dan menciptakan gol.

Kabar tentang Liverpool yang meminati Kylian Mbappe ini sebenarnya sudah bergulir cukup lama, bahkan sejak tahun lalu. Namun yang namanya rumor, jika pada akhirnya tidak terbukti kebenarannya, ia akan lenyap begitu saja.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menjamin keterkaitan Liverpool-Mbappe ini lantas musnah tanpa jejak. Buktinya, kini kabar serupa menyeruak kembali ke permukaan.

Seperti diberitakan laman Daily Express, Mbappe membuka segala kemungkinan untuknya pindah dari PSG, termasuk ke Liverpool, jelang kontraknya yang bakal berakhir pada Juni 2022.

Pasalnya, di usianya yang masih muda ia sudah meraih segudang pencapaian bersama Les Parisiens. Bukankah ini saat yang tepat untuk berkelana ke tempat yang baru dan meraih banyak gelar lagi?

Hanya saja, urusan finansial adalah penghalang utama Mbappe mendarat di Anfield. Baik Liverpool maupun klub lain yang juga meminatinya, Real Madrid, masih harus mengurus anggaran mereka usai terhantam pandemi Covid-19.

Tentu tetap ada kemungkinan Mbappe akan berseragam Liverpool jika jadi diboyong saat bursa transfer pemain, terutama musim panas nanti. Nah, jika benar, akan seperti apa perannya di skuat asuhan Jurgen Klopp?

Pertama, yang perlu diingat adalah saat ini Liverpool kerap mengandalkan formasi 4-3-3 yang menempatkan trio Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane di lini depan terutama saat laga-laga besar.

Klopp pun bisa mempertahankan formasi ini jika Mbappe datang, tapi itu artinya ada pemain yang mungkin dikorbankan untuk memberi ruang sang rekrutan anyar.

Tentu jangan lupakan juga kalau The Reds masih punya Diogo Jota, Takumi Minamino, dan Divock Origi. Namun dua nama terakhir sepertinya tidak akan terlalu terdampak kedatangan Mbappe ke Anfield.

Lalu Diogo Jota? Justru ia adalah pemain paling ‘aman’ dari ancaman gusuran. Selain masih muda, ia menunjukkan performa apik meski baru saja direkrut dari Wolverhampton Wanderers. Hanya cedera yang menghalangi sepak terjangnya saat ini.

Oleh karena itu, masalah mungkin akan terjadi pada trio Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane yang sebentar lagi akan memasuki usia kepala tiga. Kylian Mbappe pun bisa jadi persiapan apik sebagai pengganti mereka.

Mungkin akan ada pengorbanan atau acara melepas pemain, tapi tidak apabila baik Firmino, Salah, dan Mane mampu menunjukkan kehebatannya bermain di posisi lain, skill yang sangat diidam-idamkan Klopp dari para pemainnya.

Namun jika tiga pemain ini ternyata sudah punya posisi yang matang, opsi Klopp jelas bakal sangat terbatas, sehingga menjual Salah yang bermain di sisi kanan maupun Mane di sisi kiri, mungkin bisa jadi solusi.

Alternatif lain, Klopp harus memaksa para anak asuhnya ini memainkan peran yang berbeda dari biasanya. Untungnya lagi, Kylian Mbappe juga terhitung sebagai pemain yang bisa dengan nyaman beroperasi di beberapa posisi.

Berdasarkan data Whoscored, musim ini Mbappe lebih sering bermain sebagai striker dan tidak jarang pula berada di sisi kiri. Dari dua posisi tersebut, ia mencatatkan rate mencetak gol yang cukup identik.

Jika Mbappe benar merapat di bursa transfer pemain, Jurgen Klopp cukup punya kebebasan untuk merombak skuatnya, entah dengan melepas pemain maupun mengatur strategi sedemikian rupa agar semua pihak termasuk Mane dan Salah bisa ‘selamat’.

Bisa dibilang, Mbappe adalah incaran bernilai super tinggi. Bukan karena harganya saja, melainkan juga dampak yang akan ia bawa ke skuat Liverpool. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%