Liga Indonesia

Lakukan Variasi Latihan, Persikabo 1973 Gelar Olahraga Yoga Bersama

Senin, 25 Januari 2021 19:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Media Persikabo
Tim Persikabo lakuka variasi latihan dengan ikuti olahraga Yoga. Copyright: © Media Persikabo
Tim Persikabo lakuka variasi latihan dengan ikuti olahraga Yoga.

INDOSPORT.COM - Persikabo 1973 melakukan hal unik untuk mengusir suntuk para penggawanya. Laskar Padjajaran memberikan variasi menu latihan yang berbeda.

Seluruh pemain Persikabo 1973 melakukan Yoga bersama sebelum melakukan rutinitas latihan di Lapangan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Hambalang, Kabupaten Bogor. Sesi dipimpin oleh instruktur berpengalaman, Retno Wulandari.

Menu variasi latihan ini pun memang sengaja disiapkan. Seperti diutarakan asisten pelatih Persikabo 1973, Miftahudin Mukson.

"Untuk menyegarkan pemain, supaya kebugaran mereka tetap terjaga. Karena sebenarnya kota ada agenda uji coba tapi batal karena adanya PKM diperpanjang," ucap Miftahudin.

"Jadi, kita pindah ke Yoga ini. Agar pemain juga tahu, latihan itu tidak melulu itu itu saja," tambah mantan asisten Indra Sjafri di timnas Indonesia U-19 dahulu. 

Sementara itu, Retno Wulandari selaku instruktur Yoga kali ini menilai olahraga Yoga memiliki banyak manfaat untuk pesepakbola. Dimana untuk menambah kekuatan kaki dan rileksasi jiwa.

"Tadi Yoga yang kita khususkan untuk pesepak bola. Dimana kita fokus pada otot kaki, sekaligus peregangan otot kaki," buka Retno.

"Sangat bermanfaat menjaga otot-otot agar tetap stabil. Untuk meditasi nya, yoga baik sekali untuk rileksasi baik jiwa dan raga pemain. Karena biasanya mereka latihan ekstra keras," tukas Retno.

Persikabo 1973 sendiri menjadi tim yang tetap menggelar latihan rutin. Meski PSSI dan PT LIB sudah membatalkan kompetisi Liga 1 2020 dan entah kapan menggulirkan musim 2021