Liga Spanyol

Krisis Keuangan, Barcelona Malah Tolak Tawaran Rp1,3 Triliun untuk Bintang Mudanya

Kamis, 28 Januari 2021 07:37 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© David Ramos/Getty Images
Di tengah krisis keuangan, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, malah menolak tawaran 80 juta euro (Rp1,3 triliun) untuk gelandang mudanya, Frenkie de Jong. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Di tengah krisis keuangan, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, malah menolak tawaran 80 juta euro (Rp1,3 triliun) untuk gelandang mudanya, Frenkie de Jong.

INDOSPORT.COM – Di tengah krisis keuangan, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, malah menolak tawaran 80 juta euro (Rp1,3 triliun) untuk gelandang mudanya, Frenkie de Jong.

Pandemi virus corona membuat sejumlah klub sepak bola Eropa mengalami krisis keuangan akibat minimnya pemasukan. Masalah yang sama pun dialami oleh tim sebesar Barcelona.

Guna menghindari kebangkrutan, manajemen klub pun mencari penghasilan lain dengan menjual pemain atau mengurangi beban gaji. Alasan inilah yang membuat Blaugrana rela melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid di bursa transfer musim panas lalu.

Kepergian Lionel Messi pun akan membantu mengurangi beban gaji Barcelona. Namun, karena manajemen ingin mempertahankan La Pulga sebisa mungkin, penjualan pemain menjadi opsi yang tersisa bagi Blaugrana.

Meski demikian, dilansir Sportlens, Barcelona rupanya justru menolak tawaran amat besar di bursa transfer musim panas lalu. Mereka menepis permintaan Bayern Munchen yang ingin membeli gelandang Frenkie de Jong dengan harga 80 juta euro (Rp1,3 triliun).

Keputusan itu diambil manajemen Barcelona karena mereka menganggap bintang muda Belanda itu sebagai pemain yang sangat penting di lini tengah. Pasalnya, jika menerima pinangan itu, maka Ronald Koeman hanya memiliki Sergio Busquets dan Miralem Pjanic sebagai opsi yang tersisa di lini tengah.

Frenkie de Jong sendiri kemudian terbukti menjadi pemain kunci Barcelona musim ini. Sejauh ini, pemain 23 tahun itu telah tampil dalam 26 pertandingan di semua kompetisi dengan sumbangan 4 gol dan 4 assist.

Meski demikian, keputusan menolak menjual de Jong ke Bayern Munchen di bursa transfer musim panas kemarin membuat Barcelona harus mengorbankan pemain lain. Nama-nama seperti Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Philippe Coutinho pun siap dilepas jika ada tawaran yang cocok.

Sementara itu, bersama de Jong, kiper Marc-Andre ter Stegen juga masuk dalam daftar pemain yang tidak dijual.

Di sisi lain, upaya penghematan juga dilakukan Blaugrana dengan membidik sejumlah bintang yang akan berstatus bebas transfer seperti Sergio Aguero dan Eric Garcia dari Manchester City, serta David Alaba dari Bayern Munchen.

IDS Emoticon Suka
Suka
2%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
2%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
51%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
2%
IDS Emoticon Marah
Marah
45%