Liga Indonesia

2 Fungsi Utama Turnamen Pramusim Liga 1 2021 versi Pelatih Madura United

Jumat, 29 Januari 2021 14:05 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© maduraunitedfc.com
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan. Copyright: © maduraunitedfc.com
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, menilai agenda pramusim Liga 1 2021 bisa multifungsi, selain sebagai sarana simulasi kompetisi yang dimulai dengan musim baru.

Seperti fungsi hakikinya, turnamen pramusim memang bisa menjadi ajang pemantapan tim menjelang bergulirnya kompetisi resmi. Terlebih, sepak bola nasional sudah vakum cukup lama, yakni hampir setahun sejak Maret 2020.

"Harapan saya tentu ada dibuat turnamen sebagai ajang pramusim atau (sarana) pemanasan sebelum Liga 1 2021," ucap Rahmad Darmawan, Jumat (29/1/21).

Di sisi lain, turnamen pramusim memiliki fungsi lain dalam situasi saat ini, yakni simulasi menggelar laga sepak bola di era new normal dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebagaimana diketahui, kompetisi sepak bola nasional akan dimulai kembali dari nol setelah musim 2020 dibubarkan PSSI beberapa waktu lalu. Otomatis, segala regulasi akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi masa pandemi virus corona.

"Turnamen pramusim juga bisa menjadi simulasi pertandingan sepak bola di tengah pandemi. Bisa atau tidak," sambung eks juru taktik Arema, Persipura Jayapura, dan Persija Jakarta itu.

Pada Liga 1 2020, Rahmad Darmawan baru mengawal Madura United dalam tiga pekan awal. Mereka menempati urutan kedelapan klasemen dengan perolehan empat poin hasil masing-masing sekali menang, seri, dan kalah.