Liga Indonesia

Pindah ke Timor Leste, Pemain PSIS Berpeluang Mentas di Piala AFC 2021

Jumat, 29 Januari 2021 14:45 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Alvin Syaptia Pratama
Pemain PSIS Semarang, Abdul Abanda Rahman. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama
Pemain PSIS Semarang, Abdul Abanda Rahman.

INDOSPORT.COM - Pemain PSIS Semarang, Abanda Rahman, resmi berlabuh ke klub Timor Leste, Lalenok United. Dia merantau dengan status pinjaman seperti penjelasan Yoyok Sukawi selaku CEO klub.

Menurut Yoyok, proses peminjaman Abanda Rahman ke Lalenok United kini hanya menyisakan urusan administrasi seperti dokumen keimigrasian.

“Sudah resmi ya. Saat ini tinggal mengurus administrasi keberangkatan Abanda Rahman ke Timor Leste. Kedua belah pihak telah sepakat,” beber Yoyok Sukawi, Jumat (29/1/21).

Pria yang juga anggota Exco PSSI ini menambahkan, PSIS Semarang memang sedari awal berkomitmen membebaskan pemainnya untuk berkarier di mana pun selama periode ketidakjelasan kompetisi Liga 1 2021.

Bahkan, proses peminjaman Abanda Rahman ke Timor Leste juga tak menemui hambatan alot karena syarat yang diberikan PSIS ke Lalenok United tidak memberatkan.

PSIS hanya meminta Lalenok United bersedia mengembalikan Abanda Rahman begitu status kompetisi Liga 1 2021 sudah jelas. Hal ini juga diklaim sudah sesuai dengan keinginan sang pemain.

“Syaratnya yang kemarin itu, kalau kompetisi Indonesia mau mulai Abanda kembali. Itu juga sudah sesuai keingingan dia. Pada prinsipnya kami tak ingin mempersulit sama sekali. Justru mendukung karena kompetisi memang tengah vakum,” jelas Yoyok Sukawi.

Abanda Rahman sendiri mengaku siap kembali ke Semarang bila kompetisi Liga 1 2021 sudah jelas. Dia kini tengah berada di Kendari, Sulawesi Tenggara, dan baru bertolak ke Timor Leste pada Februari mendatang ketika dokumen administrasinya sudah lengkap.

“Mau urus administrasi dahulu. Mungkin Februari baru berangkat ke sana. Sudah saya sampaikan juga ke pihak Lalenok United. Nanti kalau di sini sudah jelas kompetisinya, saya akan segera kembali ke Semarang,” beber Abanda Rahman.

Dengan dipinjamkannya ke Timor Leste, Abanda Rahman berpeluang untuk tampil di Piala AFC 2021. Syaratnya, dia harus berjuang ekstra keras bersama Lalenok United sejak babak kualifikasi pra-eliminasi kedua.

Di babak kualifikasi berikutnya, Abanda Rahman bersama Lalenok United berpeluang menghadapi Persipura Jayapura sebagai salah satu perwakilan Indonesia di kancah Piala AFC.