Liga Spanyol

3 Pemain yang Jadi Korban Kedatangan Eric Garcia di Barcelona

Sabtu, 30 Januari 2021 17:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Matt McNulty - Manchester City via Getty Images
Kedatangan bek muda Man City, Eric Garcia, ke klub LaLiga Spanyol, Barcelona, berpotensi memakan korban sejumlah pemain. Copyright: © Matt McNulty - Manchester City via Getty Images
Kedatangan bek muda Man City, Eric Garcia, ke klub LaLiga Spanyol, Barcelona, berpotensi memakan korban sejumlah pemain.

INDOSPORT.COM - Kedatangan bek muda Man City, Eric Garcia, ke klub LaLiga Spanyol, Barcelona, berpotensi memakan korban sejumlah pemain. Siapa saja pemain yang bisa terdepak dari kedatangan Eric Garcia?

Barcelona dikabarkan tinggal selangkah lagi memboyong bek Manchester City, Eric Garcia, di bursa transfer Januari. 

Menjalani musim perdana bersama pelatih baru Ronald Koeman, langkah Barcelona sedikit tersendat. Hingga saat ini, mereka masih tertahan di peringkat 3 klasemen sementara di bawah Atletico Madrid dan Real Madrid.

Bursa transfer musim dingin ini pun dimanfaatkan Blaugrana untuk menambah kekuatan tim. Dilansir Goal, tim kebanggaan masyarakat Catalan itu tinggal selangkah lagi mendatangkan bek tengah Manchester City, Eric Garcia.

Garcia sendiri mengawali karier sepak bolanya di akademi La Masia milik Barcelona, sebelum hijrah ke Inggris untuk bergabung dengan The Citizens pada 2017. Meski demikian, kontraknya bersama Manchester Biru akan habis pada akhir musim ini.

Kandidat presiden Barcelona yakni Victor Font meyakini kepindahan itu akan terjadi pada bursa transfer Januari ini, dengan Blaugrana hanya perlu membayar murah kepada Manchester City dan bahkan tak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk gaji sang pemain.

Kedatangan Eric Garcia tentu jadi kabar bagus bagi Barcelona. Namun, sayangnya hal itu tak berlaku bagi beberapa pemain tim Catalan. Berikut ini kami rangkum tiga pemain Barca yang bisa jadi korban kedatangan Eric Garcia.

1. Samuel Umtiti

Nama pertama yang kemungkinan bakal hengkang dengan kedatangan Eric Garcia adalah Samuel Umtiti. Tersingkirnya Umtiti oleh Garcia lebih kepada hal teknis. 

Baik Garcia dan Umtiti sama-sama bermain sebagat bek tengah. Namun, berbeda dengan Garcia yang berjaya di City, Umtiti musim ini tak terpakai lagi di Barca. 

Sampai paruh musim 2020-2021, Umtiti cuma mencatatkan lima pertandingan di seluruh kompetisi. Penyebabnya adalah cedera dengkul yang tak kunjung pulih. 

Mengingat jenis cedera ini sangat fatal bagi seorang pemain sepak bola, kemungkinan besar Barca lebih memilih Garcia ketimbang Umtiti. Apalagi, raksasa LaLiga Spanyol itu telah menghabiskan banyak uang untuk menggaji Umtiti yang semusim menerima 12 juta euro. 

2. Junior Firpo

Junior Firpo bisa menjadi korban berikutnya dari kedatangan Eric Garcia. Musim ini Firpo amat minim mendapat kesempatan tampil. 

Total hanya sebanyak 12 kali Firpo mendapat kesempatan turun ke lapangan sampai paruh musim ini. Junior Firpo belum bisa memenuhi ekspektasi sebagai calon pengganti Jordi Alba. 

Meski memiliki posisi berbeda dengan Eric Garcia, Barca diyakini bakal mempertimbangkan untuk mendepak Firpo demi perampingan skuad. Untuk mencari penggantinya, Barca kemungkinan bakal membelinya di bursa transfer musim panas nanti. 

3. Riqui Puig

Bursa transfer musim dingin atau pun musim panas nanti jadi waktu yang tepat untuk Barcelona berpisah dengan Riqui Puig. Kedatangan Eric Garcia bisa membuat pemain binaan La Masia itu tersingkir dari skuad. 

Meski berbeda posisi, namun lagi-lagi Barcelona perlu mengetatkan pengeluaran. Riqui Puig pun jadi pemain yang paling masuk akal untuk dipinjamkan demi mengurangi beban tim Barcelona. 

Saat ini Puig belum juga mampu menembus tim utama Barcelona. Sepanjang musim ini, Puig cuma mencatatkan 11 pertandingan dan hanya mencetak satu gol. Kedatangan pemain mahal seperti Eric Garcia ke LaLiga Spanyol bisa jadi pemicu Barca untuk meminjamkan Puig ke klub lain.