Liga Inggris

Jelang Laga, Taktik Man City Untuk Bendung Skema 3-5-2 Sheffield United

Sabtu, 30 Januari 2021 15:46 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor:
© Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, membeberkan taktiknya untuk menghancurkan formasi 3-5-2 milik Sheffield United jelang laga keduanya di Liga Inggris. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, membeberkan taktiknya untuk menghancurkan formasi 3-5-2 milik Sheffield United jelang laga keduanya di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Manchester City, Pep Guardiola, membeberkan taktiknya untuk menghancurkan formasi 3-5-2 milik Sheffield United jelang laga keduanya di Liga Inggris 2020-2021.

Manchester City akan menghadapi Sheffield United pada pekan ke-21 Liga Inggris 2020/21. Kedua kubu akan bertanding di Etihad Stadium pada Sabtu (30/01/21) pukul 22.00 WIB malam nanti.

The Citizen memang mendapat keuntungan lantaran bermain di kandang sendiri. Namun, lawan mereka adalah Sheffield atau The Blades yang pekan lalu menang mengejutkan atas Manchester United 2-1.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sky Sports, Pep Guardiola sudah menyiapkan solusi untuk menghancurkan formasi 3-5-2 yang diusung Sheffield selama ini.

"Saya kurang suka dengan cara kami bermain selama ini. Sehingga, kami mencoba untuk bermain dengan sisi sayap yang lebih lebar serta lebih maju dari biasanya," ujar Guardiola.

"Untuk beberapa alasan, kami bisa beradaptasi dengan hal tersebut dan saya menyadari bahwa kami bermain lebih baik dengan sayap yang lebih lebar serta posisi yang lebih maju," lanjutnya.

"Kami jadi lebih terkendali dan mampu mengontrol semua aspek. Kami juga akhirnya menyadari bahwa ketika kami sedang menguasai bola, kami harus sedikit berlari."

"Salah satu alasan kenapa kami pernah tampil buruk adalah ketika kami memegang bola, kami terlalu sering berlari. Saya rasa ketika kami menguasai bola, kami harus lebih tenang."

"Semua pertandingan memang berbeda, tapi dengan cara ini, kami yakin bakal nyaman menghadapi Sheffield United dengan formasi 3-5-2 milik mereka," pungkas sang pelatih.

Bermain dengan sayap yang lebih lebar serta posisi winger lebih maju dan tidak terlalu sering berlari saat menguasai bola adalah cara dari Pep Guardiola untuk membantu timnya menang di laga ini.

Dari lima pertemuan terakhir mereka di Liga Inggris, Manchester City sukses menang empat kali atas Sheffield United dengan skor 1-0, 2-0, 1-0, dan 1-0. Sisanya, kedua tim bermain imbang 0-0.