Liga Inggris

Metode Unik Thomas Tuchel Kala Pimpin Latihan Chelsea

Sabtu, 30 Januari 2021 05:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih anyar Chelsea, Thomas Tuchel menggelar latihan tak biasa untuk anak asuhnya dengan menggunakan bola mini serta peralatan untuk latihan Rugby yang bernama Rucking Shield.

Dalam satu pekan belakangan, Chelsea membuat dua keputusan besar yang menggemparkan jagat sepak bola. Kedua keputusan tersebut ialah memecat Frank Lampard dan menunjuk Tuchel.

Lampard dipecat pada Senin (25/1/21) sedangkan Tuchel didatangkan pada Rabu (27/1/21) WIB. Padahal dalam proses pemecatan dan perekrutan pelatih anyar ini, Chelsea tengah disibukkan untuk menjalani laga melawan Wolverhampton Wanderers (28/1/21).

Beruntung bagi Tuchel yang baru beberapa jam melatih skuat anyarnya, Chelsea terhindar dari kekalahan dan mengkoleksi hasil imbang di debutnya di Liga Inggris.

Kini, Thomas Tuchel pun akan menjalani laga keduanya di Liga Inggris sebagai pelatih Chelsea. Dengan jeda waktu dari laga melawan Wolves hingga laga selanjutnya, ia memimpin anak asuhnya latihan.

Uniknya, Tuchel menerapkan metode yang unik dalam latihannya saat ini. Metode itu sendiri diyakini belum pernah dirasakan para pemain Chelsea sebelumnya.

Tuchel melatih anak asuhnya dengan bola mini dan Rucking Shield. Penggunaan bola mini sendiri bertujuan agar para pemain Chelsea berlatih mengontrol bola, konsentrasi serta skill dalam mengumpan bola.

Sedangkan Rucking Shield yang umumnya dipakai dalam latihan olahraga Rugby, digunakan untuk melatih keseimbangan tubuh kiper saat berduel di udara.

Tuchel sendiri memang dikenal sebagai pelatih yang memiliki inovasi tersendiri dalam melatih. Beredar kabar bahwa dirinya pernah memimpin latihan dan memotong sudut lapangan agar anak asuhnya tak banyak memainkan umpan silang.

Tentunya inovasi yang dibawa Thomas Tuchel ini secara tidak langsung meningkatkan kemampuan para pemain Chelsea. Menarik dinantikan, perubahan apa yang akan terjadi di kubu The Blues sepeninggalan Frank Lampard.