Bola Internasional

Sao Paulo FC, Raksasa Liga Brasil yang Diperkuat Wonderkid Banjarmasin

Sabtu, 30 Januari 2021 07:32 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© INDOSPORT
Sao Paulo FC, Raksasa Liga Brasil yang Diperkuat Wonderkid Banjarmasin Copyright: © INDOSPORT
Sao Paulo FC, Raksasa Liga Brasil yang Diperkuat Wonderkid Banjarmasin

INDOSPORT.COM – Mengenal profil Sao Paulo FC, salah satu raksasa Liga Brasil yang musim ini bakal diperkuat oleh salah satu wonderkid Indonesia kelahiran Banjarmasin, Welberlieskott de Halim Jardim.

Sebelumnya dikabarkan, bahwa Welberlieskott de Halim Jardim baru saja menandatangani kontrak professional bersama Sao Paulo pada Rabu, 27 Januari 2021 silam.

Pemain berusia 14 tahun tersebut bakal mendapat kontrak selama lima tahun, dan akan bermain bersama tim junior Sao Paulo pada gelaran Liga Brasil U-15 pada musim depan.

“Kontrak dengan Sao Paulo. Ini kontrak professional, jadi dia akan berada di tim selama lima tahun. Tidak seperti kontrak sebelumnya yang cuma satu tahun. Kalau Corona sudah membaik, Welber akan tinggal di mess dan center training Sao Paulo,” ucap Ibunda Welberlieskott de Halim Jardim, Lielyana, kepada INDOSPORT.

Sebagai informasi, Welberlieskott de Halim Jardim merupakan pemain pesepakbola muda Indonesia yang lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ayahnya, Elisangelo merupakan mantan pemain bola Brasil yang pernah berkarir di Liga Indonesia dengan membela klub seperti Borneo FC, Persekaba Bandung, hingga Persiba Balikpapan. Sedangkan sang Ibu, Lielyana Halim, adalah wanita asli Indonesia.

Nama Sao Paulo FC sendiri sejatinya bukan klub sembarangan di Liga Brasil, bahkan nama tim yang bermarkas di Morumbi ini sudah dikenal seantero benua Amerika Selatan.

Lantas seperti apakah kiprah serta pencapaian Sao Paulo sebagai klub yang bakal diperkuat Welberlieskott de Halim Jardim nanti? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Sejarah Berdiri
Sao Paulo FC didirikan pada 25 Januari 1930 silam oleh 60 mantan official, pemain, anggota, dan teman dari klub sepak bola CA Paulistano dan AA das Palmeiras, dua tim besar yang berasal dari kota Sao Paulo, Brasil.

Paulistano sendiri merupakan salah satu klub tertua di kota dan telah 11 kali juara di kompetisi lokal Sao Paulo. Sementara Palmeiras yang didirikan pada tahun 1902, merupakan klub dengan torehan tiga kali juara kompetisi Sao Paulo.

Kedua tim tersebut sama-sama masih berstatus amatir saat itu dan mencoba menjadi klub profesional. Namun akibat satu dan lain hal, rencana keduanya gagal terlaksana.

Akhirnya, para pemain serta beberapa ofisial tim dari CA Paulistano dan AA das Palmeiras saling bekerjasama untuk menyatukan visi mereka, yakni membangun sebuah klub profesional yang bisa mentas di Serie A Brasil.

Meski telah berdiri pada tahun 1930, namun empat tahun berselang Sao Paulo FC alami masalah keuangan dan membuat klub diambang kebangkrutan. Beruntung pada tahun 1935, Clube de Regatas Tiete melakukan merger dengan Sao Paulo FC dan menyelamatkan keberlangsungan hidup klub.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%