Bola Internasional

Media Thailand Kaget, Elkan Baggott Tolak Manchester United dan Setia di Ipswich

Senin, 1 Februari 2021 06:13 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Menjadi bagian penting Timnas Indonesia U-19 arahan Shin Tae-yong, Elkan Baggott putuskan tolak pinangan Manchester United dan menetap di tim kasta tiga Liga Inggris, Ipswich Town. Media Thailand pun tak percaya.

Harum namanya saat lakoni pemusatan latihan di Kroasia 2020 lalu, pemain setinggi nyaris 2 meter ini tampil meyakinkan. Bagaimana tidak? Sukses jadi benteng Garuda Nusantara, ia berhasil mengamankan wilayah Bagas Kaffa dkk.

Hasilnya pun mengesankan, Timnas Indonesia U-19 mampu torehkan rapor manis lima kemenangan, tiga imbang, dan tiga kalah dalam jangka waktu pelatihan dua bulan. Ketika kembali ke Ipswich Town, penampilan Elkan Baggott malah kian menggila.

Bersama The Tractor Boys U-23, pemain blasteran Indo-Inggris ini sempat mencetak gol kala habisi Swansea City 5-1 di Professional U-23 Development League. Ia juga menyumbang skor saat timnya menang telak 5-0 atas Chelmsford di FA Youth Cup.

Alhasil, ketika kontraknya habis, beberapa tim besar Liga Inggris mulai dari Manchester United, West Ham, dan Everton kepincut potensinya. Akan tetapi, Elkan Baggott justru pilih setia dengan Ipswich Town dan membuat media Thailand kaget.

Media Siamsport turut menyoroti keputusan pemain berusia 18 tahun ini kendati masuk jajaran Timnas Indonesia. Alasannya? Sederhana, Elkan sempat menumpang lahir di Negeri Gajah Putih sehingga juga punya paspor Thailand.

"Elkan Baggott, lahir di Thailand dan masuk Timnas Indonesia U-19 dilaporkan jadi buruan West Ham, Everton, dan Manchester United. Baru-baru ini Ipswich mengotraknya hingga 2023 karena jadi kekuatan masa depan," tulis media itu.

"Ia yakin memilih perpanjangan kontrak karena keuntungan bermain di lapangan ketimbang pindah ke klub besar. Hal ini terbukti ketika dia dapat kesempatan memainkan satu laga tim utama kala kalah lawan Gillingham 0-2," tambah tulisan itu.

Menurut analisa media Thailand, Elkan Baggott lebih percaya dengan Ipswich Town karena potensi kalah saing oleh pemain-pemain lain di Manchester United. Adapun bintang Timnas Indonesia U-19 ini lanjutkan karier kesana, tapi bukan sekarang waktunya.