In-depth

AS Roma Boyong Wonderkid Amerika Serikat, Begini Kisah Para Pemain AS di Serie A

Selasa, 2 Februari 2021 18:09 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Jeff Halstead/Icon Sportswire via Getty Images
AS Roma memboyong Bryan Reynolds dari FC Dallas di bursa transfer Januari. Berikut kisah 5 bintang Amerika Serikat pendahulunya yang pernah tampil di Serie A. Copyright: © Jeff Halstead/Icon Sportswire via Getty Images
AS Roma memboyong Bryan Reynolds dari FC Dallas di bursa transfer Januari. Berikut kisah 5 bintang Amerika Serikat pendahulunya yang pernah tampil di Serie A.

INDOSPORT.COM – AS Roma memboyong Bryan Reynolds dari FC Dallas di bursa transfer Januari. Berikut kisah 5 bintang Amerika Serikat pendahulunya yang pernah tampil di Serie A.

AS Roma menjadi salah satu tim yang aktif di bursa transfer Januari. Sempat menggemparkan dengan rencana barter Edin Dzeko dengan Alexis Sanchez , Giallorossi akhirnya mendatangkan 2 pemain baru.

Nama pertama adalah Stephan El Shaarawy. Bintang keturunan Mesir itu pulang ke Olimpico dengan gratis hanya 1,5 tahun setelah hengkang ke Shanghai Shenhua.

Sementara itu, nama kedua yang didatangkan AS Roma adalah Bryan Reynolds, bek kanan asal Dallas FC. Wonderkid Amerika Serikat itu berusia 19 tahun itu didatangkan dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Reynolds tadinya lebih kerap dikaitkan dengan Juventus, namun AS Roma-lah yang akhirnya sukses mendapatkan jasanya. Ia pun diproyeksikan menjadi pelapis Rick Karsdorp di sektor bek sayap kanan.

Resmi bergabung dengan AS Roma, Bryan Reynolds pun kini menjadi pemain Amerika Serikat kedelapan yang hijrah ke Serie A Italia. Dari jumlah itu, hanya 5 di antaranya yang akhirnya benar-benar pernah tampil. Di AS Roma sendiri, Reynolds menjadi pemain Paman Sam kedua.

Lantas, seperti apa kisah para pemain Amerika Serikat pendahulu Bryan Reynolds di Serie A Italia? Berikut ini ulasannya.

Pria Amerika Serikat pertama yang menjajal Serie A Italia adalah Armando Frigo. Bintang kelahiran Indiana yang memegang paspor AS dan Italia ini sempat membela Vicenza, Fiorentina, dan Spezia pada periode 1939 hingga 1942.

Lompat 50 tahun kemudian, Alexi Lalas menjadi pemain Amerika Serikat kedua yang berlaga di Liga Italia. Bek yang identik dengan rambut gondrongnya ini bergabung dengan Padova pada bursa transfer musim panas 1994, usai tampil gemilang di Piala Dunia 1994 yang digelar di negaranya sendiri.

Membela Padova selama 2 musim, Alexi Lalas mencatatkan 44 penampilan dan sukses mencetak 2 gol.

Nama ketiga adalah pendahulu Bryan Reynolds di AS Roma yakni Michael Bradley. Bradley yang ketika itu menjadi kapten Toronto FC dan timnas Amerika Serikat, mengawali kariernya di Serie A Italia dengan hijrah ke Chievo Verona pada 2012.

Tampil gemilang di Chievo, Michael Bradley diboyong AS Roma hanya semusim kemudian. Pria pelontos ini pun menjadi pilihan utama di lini tengah AS Roma pada musim pertamanya, dengan 35 penampilan di semua kompetisi.

Memasuki musim kedua, Bradley berhasil tampil 11 kali di paruh musim pertama, sebelum kemudian dijual ke klub lamanya, Toronto FC.

Nama keempat adalah Josh Perez, yang menjalani debut profesionalnya bersama Fiorentina saat menghadapi Inter Milan pada November 2016 di Serie A Italia. Namun, itu menjadi penampilan tunggalnya bersama La Viola karena ia kemudian dipinjamkan ke Livorno yang bermain di Serie C.

Terbaru, ada Weston McKennie yang baru dipinjam Juventus dari Schalke di musim panas lalu. Baru pertama kali bermain di Serie A Italia, McKennie langsung menjadi pilihan utama Andrea Pirlo di lini tengah Juventus.

Sejauh ini, ia telah tampil 23 kali di semua kompetisi dan menyumbangkan 4 gol serta 2 assist. Penampilan gemilangnya membuat Juventus berencana mempermanenkan kepindahannya dari Schalke.

Bukan tidak mungkin, Weston McKennie akan berhadapan langsung dengan Reynolds saat Juventus menjamu AS Roma di Serie A Italia akhir pekan nanti.

Di luar kelima nama itu, ada pula Oguchi Onyewu (AC Milan) dan Gabriel Ferrari (Sampdoria) meski keduanya tak pernah dimainkan di Serie A Italia.

Dari deretan para pendahulunya itu, akan seperti apakah penampilan Bryan Reynolds bersama AS Roma nantinya? Kita tunggu saja aksi wonderkid 19 tahun itu bersama Giallorossi di paruh kedua musim ini.