Liga Indonesia

Borneo FC Setuju Ada Turnamen Pramusim sebelum Kick Off Liga 1 2021

Rabu, 3 Februari 2021 13:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Borneo FC
Rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 untuk menggelar turnamen pramusim sebelum Liga 1 2021 dimulai, disambut baik Borneo FC. Copyright: © Borneo FC
Rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 untuk menggelar turnamen pramusim sebelum Liga 1 2021 dimulai, disambut baik Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 untuk menggelar turnamen pramusim sebelum Liga 1 2021 dimulai, disambut baik Borneo FC. Pihak Pesut Etam menyatakan membutuhkan pemanasan setelah kompetisi vakum hampir setahun belakangan.

Asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin mengaku senang dan sangat setuju jika digelar turnamen pramusim. Menurutnya hal itu penting bagi pemain agar benar-benar siap bertanding di kompetisi sesungguhnya.

"Hampir setahun pemain tak berkompetisi. Artinya akan banyak hal-hal teknis yang hilang pada pemain, salah satunya tentunya adalah feeling ball dan atmosfer kompetisi," katanya.

Turnamen pra musim dinilai akan banyak memberikan keuntungan bagi pemain dan klub. Mereka bisa merasakan kembali persaingan, baik dalam tim terlebih dengan tim lain.

"Sedangkan dengan tim lain tentu saja keinginan untuk memenangkan setiap pertandingan," kata Amir.

Selain itu, PSSI dan PT LIB bisa menjadikan turnamen pramusim sebagai bahan evaluasi menuju kompetisi sesungguhnya. Banyak hal yang bisa diterapkan atau diuji coba saat turnamen seperti pelaksanaan protokol kesehatan di tengah pandemi dan lainnya.

"Artinya PT LIB bisa memulai bagaimana menjalankan kompetisi di tengah pandemi. Operator kompetisi bisa praktik bagaimana menjalankan protokol kesehatan soal pandemi dan sebagainya. Kekurangan yang terjadi di pra musim, bisa dibenahi di kompetisi nanti," pungkas Amir.