Bola Internasional

Eks Pemain Timnas Inggris Pantau Bek Garuda Select 3: Anak Ini Sangat Cocok!

Rabu, 3 Februari 2021 10:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Chelsea FC dan Timnas Inggris sekaligus direktur program Garuda Select, Dennis Wise, saat ini tengah memantau kemampuan bek muda asal Kalimantan Timur, Ibnul Mubarak.

Ibnul Mubarak masuk dalam skuat Garuda Select 3 dengan posisi sebagai bek tengah. Posisi yang sama juga dimainkan pelatih Des Walker saat masih aktif bermain di Premier League dan Timnas Inggris.

Hanya saja, Ibnul Mubarak justru mendapat lebih banyak masukan dari Dennis Wise. Mantan kapten Chelsea FC itu memang kepincut dengan kemampuan Ibnul sejak pertama kali melakukan seleksi di Indonesia.

"Ketika saya melihat Ibnul, saya langsung berpikir bahwa anak ini sangat cocok untuk menjadi seorang bek tengah," ucap Dennis Wise, dinukil dari laman resmi Garuda Select.

Dennis Wise pun merancang program untuk meningkatkan kemampuan fisik Ibnul. Pemain kelahiran 14 Oktober 2004 itu dinilai belum kuat untuk berduel dengan pemain Eropa, meski punya kelebihan lain.

"Masalahnya, dia masih memiliki kekurangan dari sisi kekuatan fisik. Tubuhnya memang tinggi, tetapi tak cukup kuat, terutama tubuh bagian atasnya. Ibnul harus meningkatkan kecepatannya, terutama untuk lari jarak jauh." kata Dennis Wise.

"Terlepas dari itu, dia sangat tenang ketika memegang bola, memiliki kemampuan yang sangat baik sebagai seorang bek tengah. Ia bisa mengoper bola dan membaca situasi, cukup berani adu fisik dan melakukan tekel," kata Dennis lagi.

Mendengar pujian dari sang pelatih, Ibnul pun kian termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya agar bisa mendapat rekomendasi untuk bermain di klub Eropa, seperti Bagus Kahfi dan Brylian Aldama.

"Saya berharap setelah pulang dari sini, saya bisa dipanggil tim nasional. Saya juga ingin mengikuti jejak Bagus Kahfi dan Brylian Aldama berkarier di Eropa," kata Ibnul.

Sebagai pemain kelahiran tahun 2004, Ibnul Mubarak berpeluang untuk membela Timnas di ajang Piala Dunia U-20 2023, saat Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.