Bola Internasional

2 Bulan di Inggris, Begini Nasib Pendidikan Pemain Garuda Select 3

Kamis, 4 Februari 2021 10:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
© Instagram/@faaqihm_
Pemain Garuda Select, Muhammad Faqih Maulana. Copyright: © Instagram/@faaqihm_
Pemain Garuda Select, Muhammad Faqih Maulana.

INDOSPORT.COM - Tepat dua bulan lalu, 21 pemain Garuda Select 3 dari Indonesia tiba di Leicestershire, Inggris, guna menimba ilmu sepak bola dari pelatih berpengalaman di Eropa, Dennis Wise dan Des Walker.

Skuat Garuda Select 3 dihuni oleh pemain dengan latar belakang berbeda-beda, dari berbagai daerah di Indonesia, dan umumnya berusia 16 tahun. Dengan kata lain, mereka masih berada di usia Sekolah Menengah.

Meski memiliki jadwal latihan yang padat, selama berada di Inggris, pemain tetap menjalani sesi belajar selama tiga hari dalam sepekan, dan masing-masing sesi akan berlangsung selama 20 menit.

"Sekolah di sini dibagi menjadi empat kelas, kelas 9, 10, 11, dan 12. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat," ujar Noval Junior Iskandar via laman Garuda Select.

"Mata pelajaran yang kami dapat sama dengan di sekolah seperti Bahasa Inggris, Ekonomi, Matematika, dan yang lainnya," ucap pemain asal Jakarta yang membela Bhayangkara FC U-16, Frezy Al-Hudaifi.

"Menurut saya, cara guru mengajar sangat menyenangkan walau sekolah dilakukan secara online. Pak Guru orangnya asyik, jadi saya tak cepat bosan dan bisa mengerti," kata Muhammad Faqih Maulana menambahkan.

"Walaupun selama di Inggris jadwal latihan sangat padat, pendidikan tidak boleh dilupakan. Jadi, saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti pelajaran yang diberikan," sebut I Gusti Made Rendy Sanjaya Putra.

"Selama di sini, saya selalu menyempatkan waktu untuk belajar, karena sekolah tidak boleh dilupakan. Saya sendiri suka pelajaran Bahasa Inggris yang menurut saya sangat penting untuk berkomunikasi selama di sini," kata Ridwan Ansori.

Sebanyak 21 pemain Garuda Select asal Indonesia, dua pemain asal Italia, dan satu pemain Tanzania menjalani latihan intensif dan uji coba di Inggris hingga Mei 2021, bersama Dennis Wise dan Des Walker.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%