Bursa Transfer

Efek Domino Messi Bikin Real Madrid-Liverpool Untung, Barcelona Tak Rugi?

Jumat, 5 Februari 2021 13:19 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT
Jadi incara PSG dan Manchester City, efek domino Lionel Messi bisa berimbas untung bagi Liverpool, Real Madrid, dan Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Jadi incara PSG dan Manchester City, efek domino Lionel Messi bisa berimbas untung bagi Liverpool, Real Madrid, dan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Saga transfer Lionel Messi jelang akhir kontraknya musim panas nanti masih jadi perbincangan hangat. Berpotensi gabung PSG atau Manchester City, efek dominonya berimbas ke Real Madrid, Liverpool, dan Barcelona.

Setelah 20 tahun mengabdi, usai sudah semangat bintang berusia 33 tahun itu untuk menetap. Alasannya? Sederhana, Catalan tak lagi punya visi juara ketika finansial menggerogoti performa mereka yang kian usang.

Belum lagi kejadian memalukan dibantai Bayern Munchen 2-8 di pentas Eropa, berikut urung menang lawan Real Madrid hingga berimbas kehilangan trofi LaLiga. Ketika mulai percaya dengan Ronald Koeman, rasa percayanya dinodai efek kontrak bocor.

Ya, ketika Barcelona berjibaku dengan hutang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun) dan bakal bangkrut Juni nanti, media El Mundo beberkan bayaran Messi mencapai 555 juta euro (Rp9,4 triliun). Angka kaki, bursa transfer nanti ia hanya tinggl memilih tim barunya.

Siapa sangka jika ia memilih antara PSG atau Real Madrid, berbagai dampak berantai juga akan dirasakan oleh tim-tim besar Eropa lain. Melansir laman Marca, pilihan La Pulga bakal berkaitan dengan langkah Kylian Mbappe selanjutnya.

Punya kans bentuk aliansi dengan Messi, Les Parisiens terganggu oleh aturan Financial Fair Play (FFP) sehingga solusi utamanya jual Mbappe. Kebetulan, Real Madrid sudah kadung mendambakannya, langsung siap mengorbankan Vinicius Junior.

Jika Los Blancos batal beli, Mbappe lantas bisa dibuang ke Liverpool mengingat ada ketertarikan dengan Jurgen Klopp. Punya harga 180 juta euro (Rp3 triliun), cara The Reds menebus harganya ialah menjual Mohamed Salah ke Madrid.

Tak cuma buat dua klub itu untung, Barcelona juga pastinya minim resiko rugi kendati ditinggal striker Timnas Argentina itu. Caranya? Cukup mudah, Messi justru dijual ke Manchester City, salah satu tim kuat secara finansial.

Efeknya pun luar biasa! Blaugrana tak perlu lagi habiskan banyak uang untuk menggaji bintang Timnas Argentina tersebut. Selain itu, media serupa justru menganjurkan kedatangan Sergio Aguero yang akan berstatus free.

Entah apapun pilihannya, hengkannya Lionel Messi pada bursa transfer musim panas depan bisa tentukan masa depan klub lain. Bukan hanya Real Madrid atau Liverpool yang untung dapat Mbappe, Barcelona pun bisa dapat penggantinya berupa Kun Aguero.