Liga Indonesia

Pelatih PSIS Semringah Dengar Ada Wacana Kompetisi Pramusim di Indonesia

Minggu, 7 Februari 2021 08:20 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Pipit Puspita Rini
© Alvin Syaptia/INDOsPORT
Dragan Djukanovic saat memimpin pemain PSIS berlatih sebelum kompetisi Liga 1 vakum. Copyright: © Alvin Syaptia/INDOsPORT
Dragan Djukanovic saat memimpin pemain PSIS berlatih sebelum kompetisi Liga 1 vakum.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic, mengaku semringah saat mendengar kabar baik tentang persepakbolaan Indonesia walaupun yang bersangkutan tengah berada di Serbia.

Kabar baik yang didengar Dragan adalah terkait lampu hijau dari Polri tentang izin pelaksanaan Liga 1 2020 yang sempat diutarakan oleh Kombes Budi Sajidin selaku Kepala Bidang Kerjasama Badan Intelijen dan Kemanan Mabes Polri pada acara webinar beberapa waktu lalu.

Selain itu, Dragan juga mendengar ada rencana dari PSSI untuk menggelar kompetisi pramusim sebelum pelaksanaan kompetisi Liga 1.

Menurut dia, itu sebuah kabar bagus walaupun pada kenyataannya masih sebatas wacana dari federasi. Ia pun juga mendukung karena jika terealisasi, kompetisi pramusim bagus untuk PSIS sebagai persiapan menyongsong Liga 1.

"Tentu saja wacana yang bagus. Saya mendukung rencana itu karena kita butuh waktu untuk melakukan persiapan. Turnamen pramusim akan sangat banyak membantu terutama dalam hal persiapan," ujar Dragan, Sabtu (06/09/21).

Kompetisi pra musim semacam Piala Presiden yang beberapa tahun lalu sempat digelar di Indonesia dinilai Dragan bisa membangun sebuah atmosfer kompetisi. Apalagi selama pandemi Covid-19, kompetisi sepak bola Indonesia sudah vakum hampir setahun.

"Kita akan memiliki persiapan yang bagus. Membangun atmosfer kompetisi sebelum benar-benar terjun mengarungi Liga 1," ujar mantan pelatih Borneo FC ini.

"Sudah pasti pramusim bukan hanya bagus bagi satu tim, tapi untuk seluruh peserta kompetisi," kata Dragan Djukanovic lagi.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini juga berharap kompetisi pramusim di Indonesia bisa digelar dengan penonton dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Namun, Dragan sendiri tak memaksakan apabila akhirnya terpaksa tanpa penonton.

PSSI sebagai induk olahraga sepak bola Indonesia memang sempat mengutarakan niatnya menggelar kompetisi pramusim sebelum Liga 1 secara resmi digulirkan.

"Sebelum liga, ada pertandingan pramusim sehingga nanti ada persiapan bagi klub jelang kompetisi," kata Ketua Umum PSSI Komjen (Purn) Mochamad Iriawan pada Kamis (04/02/21) .