Bola Internasional

Gabung Ansan Greeners, Media Korea Selatan Soroti Mimpi Asnawi ke Klub Eropa

Senin, 8 Februari 2021 17:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Official PSM Makassar
Sesi jumpa pers PSM Makassar pasca laga melawan Persita Tangerang diwakili pemain Asnawi Mangkualam. Copyright: © Official PSM Makassar
Sesi jumpa pers PSM Makassar pasca laga melawan Persita Tangerang diwakili pemain Asnawi Mangkualam.

INDOSPORT.COM – Mimpi pesepak bola Indonesia, Asnawi Mangkualam, untuk bisa merumput di Eropa menarik perhatian media di Korea Selatan.

Mantan pemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, baru saja bergabung dengan klub K-League 2, Ansan Greeners. Baginya, bergabung ke klub Asia ini bisa membuka jalan untuk melanjutkan karier di Eropa.

Demi melestarikan mimpinya tersebut, Asnawi bahkan rela menerima bayaran yang lebih rendah di Ansan Greeners dibandingkan saat dirinya bermain di Indonesia.  

"Harga itu nomor dua yang penting saya bisa main di luar," ujar Asnawi ketika melakukan virtual zoom bersama PSSI Pers.

Media di Korea Selatan, Naver, rupanya juga ikut tertarik dengan mimpi besar yang dibawa Asnawi ke Korea Selatan. Pasalnya, Asnawi sendiri sempat mengemukakan misinya membawa Ansan Greeners promosi ke kasta tertinggi Liga Korea.

Saat itu, Asnawi mengatakan, “Tujuan saja promosi ke K-league 1 pada 2022 bersama Ansan.”

Menurut Asnawi, seperti yang dikutip media Korea tersebut, memiliki pengalaman bermain di divisi pertama sepak bola Korea akan menjadi modal dirinya mewujudkan mimpi terakhirnya menuju Eropa.

Media Naver ini seolah-olah ingin memperingatkan Ansan Greeners, bahwa Asnawi suatu saat bisa pergi ke klub lain, terutama Eropa seperti yang dia inginkan, apabila misinya di Negeri K-pop itu sudah tercapai.

Bergabungnya Asnawi bersama Ansan Greeners tak lepas dari andil Shin Tae-yong yang memberikan rekomendasi.

Rekomendasi Shin Tae-yong mampu meyakinkan pelatin Ansan, Kim Gil-sik yang sempat ragu untuk langsung yakin mengontrak mantan pemain PSM Makassar ini.

Saat ini, dirinya berada di Korea Selatan untuk bergabung bersama Ansan Greeners. Namun setibanya di Korea Selatan, mantan pemain PSM Makassar ini tidak langsung berlatih melainkan harus menjalani karantina terlebih dahulu selama 14 hari.