In-depth

Betapa Beruntungnya Manchester City dan Guardiola Punya Phil Foden

Selasa, 9 Februari 2021 15:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nick Potts/PA Images via Getty Images
Selebrasi gol Phil Foden di laga Arsenal vs Manchester City. Copyright: © Nick Potts/PA Images via Getty Images
Selebrasi gol Phil Foden di laga Arsenal vs Manchester City.

INDOSPORT.COM – Manchester City bersama Pep Guardiola beruntung memiliki pemain muda sekelas Phil Foden. Apalagi melihat penampilannya sepanjang musim 2020/21 ini.

Nama Phil Foden menjadi pembicaraan setelah Manchester City menghapus kutukan Anfield dan menumbangkan Liverpool dengan skor cukup fantastis yakni 4-1.

Dua gol Man City sendiri merupakan buah dari kerja keras Foden. Ia mencatatkan satu gol dan satu assist di laga panas antara dua rival tersebut.

Gol Foden sendiri dicetak sebagai penutup pesta Man City dalam lawatannya ke Anfield. Gol yang ia cetak merupakan kejeliannya dalam mendribel bola sebelum melepaskan tembakan keras yang gagal dibendung Alisson Becker.

Gol Phil Foden ke gawang Liverpool itu langsung membuat takjub para pecinta sepak bola. Tak hanya pendukung Manchester City, legenda sekelas Carles Puyol pun bahkan memujinya.

Apa yang ditampilkan Foden seperti menjadi pembuktiannya setelah lama ditepikan oleh Man City dan Guardiola. Tentu pecinta sepak bola ingat bagaimana pemain berusia 20 tahun ini harus bersabar sebelum mengisi starting line up The Citizens.

Kepergian David Silva serta cederanya para pemain senior membuat Foden mendapat panggung di musim 2020/21. Kesempatan ini pun tak ia sia-siakan.

Total sembilan gol dan lima assist telah ia buat sepanjang musim 2020/21 atau berkontribusi satu gol setiap 137 menit pertandingan.

Mungkin, catatan ini Foden disebut banyak pihak sebagai kejelian Guardiola dalam melatih dan mengembangkan bakatnya hingga meledak di musim 2020/21.

Namun tanpa disadari, justru Pep Guardiola dan Manchester City lah yang beruntung memiliki pemain berbakat sekelas Phil Foden.