Liga Italia

Data Fakta Jelang Semifinal Coppa Italia Juventus vs Inter Milan: Ancaman Krisis Besar di Final

Selasa, 9 Februari 2021 13:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Juventus akan menjamu Inter Milan di leg kedua semifinal Coppa Italia, Rabu (10/02/21) dini hari. Berikut deretan data dan fakta jelang laga tersebut. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Juventus akan menjamu Inter Milan di leg kedua semifinal Coppa Italia, Rabu (10/02/21) dini hari. Berikut deretan data dan fakta jelang laga tersebut.

INDOSPORT.COMJuventus akan menjamu Inter Milan di leg kedua semifinal Coppa Italia, Rabu (10/02/21) dini hari. Berikut deretan data dan fakta jelang laga tersebut.

Coppa Italia 2020/2021 kini telah memasuki babak empat besar. Tengah pekan ini akan digelar laga leg kedua semifinal, salah satunya mempertemukan dua musuh bebuyutan yakni Juventus vs Inter Milan, Rabu (10/02/21) pukul 02.45.

Di leg pertama yang digelar di kandang Inter Milan pekan lalu (03/02/21), Juventus berhasil mencuri kemenangan 2-1. Ketika itu, Cristiano Ronaldo tampil gemilang dengan mencetak brace guna membalas gol cepat Nerazzurri yang diciptakan Lautaro Martinez di menit kesembilan.

Dengan situasi ini, Juventus berada sedikit di atas angin. Pasalnya, hasil imbang atau bahkan kekalahan 0-1 masih akan meloloskan mereka ke partai final untuk bertemu Napoli atau Atalanta. Sementara itu, Inter Milan membutuhkan kemenangan dengan mencetak 2 gol atau lebih untuk melaju ke partai puncak.

Meski demikian, Nerazzurri mendapatkan tambahan tenaga berharga seiring kembalinya Romelu Lukaku yang absen di leg pertama. Kembalinya penyerang Belgia itu tentunya akan menambah daya dobrak Inter menembus tembok kokoh Juventus.

Jelang laga akbar semifinal Coppa Italia antara Juventus vs Inter Milan ini, berikut deretan data dan fakta yang berhasil kami kumpulkan:

1. Juventus Terancam Kehilangan 10 Pemain di Final

Juventus berada dalam ancaman krisis pemain jika akhirnya lolos ke final. Pasalnya, 10 pemain mereka sudah mengoleksi 1 kartu kuning, termasuk Cristiano Ronaldo. Dengan demikian, jika menerima kartu kuning lagi di semifinal ini, pemain tersebut dipastikan absen di laga puncak karena akumulasi kartu.

Selain Cristiano Ronaldo, sembilan pemain yang lain adalah Alvaro Morata, Federico Chiesa, Rodrigo Bentancur, Matthijs de Ligt, Merih Demiral, Arthur Melo, Adrien Rabiot, Federico Bernardeschi, dan Alex Sandro. Kesepuluh pemain ini wajib hati-hati jika diturunkan saat melawan Inter Milan.

2. Sejumlah Pilar Absen

Kedua tim dipastikan tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik di laga ini. Juventus terancam kehilangan Leonardo Bonucci yang diragukan setelah mengalami cedera. Besar kemungkinan Andrea Pirlo akan mengistirahatkannya mengingat akhir pekan nanti mereka bertemu Napoli di Serie A Italia.

Sementara itu, Inter Milan juga dipastikan tanpa dua bintang veteran mereka,  Alexis Sanchez dan Arturo Vidal. Kedua pemain itu tak bisa tampil karena tengah menjalani larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning.

3. Tembok Juventus Sedang Kokoh

Lini pertahanan Juventus sedang tampil sangat kokoh belakangan ini. Tercatat, dari 6 laga terakhir Si Nyonya Tua di semua kompetisi, mereka meraih 6 kemenangan dan mencatatkan 5 cleansheet. Salah satu kunci ketangguhan ini adalah kembalinya Giorgio Chiellini.

Satu-satunya tim yang bisa membobol gawang Juventus di periode tersebut adalah Inter Milan di leg pertama semifinal Coppa Italia pekan lalu.

4. Taring Tajam La Beneamata

Inter Milan adalah tim tertajam di Serie A Italia musim ini dengan torehan 51 gol dari 21 pertandingan. Mereka menjadi satu dari tiga tim di liga top Eropa yang sudah mencetak lebih dari 50 gol selain Bayern Munchen dan Lyon.

Dalam 9 pertandingan terakhir di semua kompetisi, Inter Milan berhasil mencetak minimal 2 gol dalam 7 pertandingan, salah satunya ketika mengalahkan Juventus 2-0 di Serie A Italia pada 18 Januari lalu.

5. Juventus Lebih Dominan di Coppa Italia

Kedua tim sudah 33 kali bertemu di ajang Coppa Italia. Dari jumlah itu, Juventus lebih dominan dengan menang 15 kali dan Inter Milan baru menang 10 kali.

6. Benteng Allianz Stadium

Nerazzurri sudah lama gagal mengalahkan Bianconeri di Turin. Kemenangan terakhir Inter Milan di kandang Juventus terjadi pada November 2012 di Serie A Italia.

Di sisi lain, Juventus tak pernah kalah di kandang pada semifinal Coppa Italia sejak Maret 2015, ketika kalah 1-2 dari Fiorentina, juga di semifinal.