Bola Internasional

Hasil Piala Dunia Antarklub Al Ahly vs Bayern Munchen: Brace Lewandoski Bawa Die Roten ke Final

Selasa, 9 Februari 2021 02:56 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Gaston Szermann/DeFodi Images via Getty Images
Selebrasi gol Robert Lewandowski di laga Al Ahly vs Bayern Munchen. Copyright: © Gaston Szermann/DeFodi Images via Getty Images
Selebrasi gol Robert Lewandowski di laga Al Ahly vs Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2020 antara Al Ahly vs Bayern Munchen pada Selasa (09/02/21) dini hari WIB, brace yang dibuat Robert Lewandowski hantarkan Die Roten ke final.

Bertanding di Ahmed bin Ali Stadium, Qatar, sang juara Liga Champions Eropa asal Jerman, Bayern Munchen terlihat begitu dominan kala menghadapi wakil Mesir sekaligus kampiun CAF Champions League, Al Ahly.

Turun dengan skuad 4-2-3-1 dan mengandalkan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak, Bayern Munchen sukses menciptakan berbagai peluang berbahaya di kotak penalti Al Ahly sepanjang babak pertama.

Laga baru berjalan 8 menit, David Alaba hampir membawa wakil Eropa unggul andai sundulannya yang memanfaatkan umpan Benjamin Pavard berhasil menemui sasaran.

Tak berselang lama, Al Ahly coba berikan perlawanan lewat kerja sama Kahraba dan Taher Mohamed, tapi sepakan sang striker masih mengarah ke arah kanan gawang Bayern Munchen.

Dalam tempo dua menit, Bayern Munchen dapat dua peluang beruntun melalui Robert Lewandowski dan Thomas Mueller, sayang tak satupun dari upaya tersebut yang menghasilkan gol.

Terus menekan, akhirnya Bayern Munchen mampu menjebol jala lawan. Tepatnya pada menit ke-17’, setelah tendangan keras Lewandowski gagal dihadang kiper Mohamed El Shenawi. Skor 0-1 untuk Die Roten.

Unggul cepat, membuat Bayern Munchen bermain lebih lambat dan mengandalkan serangan balik untuk menciptakan peluang. Hal tersebut langsung dimanfaatkan Al Ahly untuk mendominasi ball possession.

Pada pertengahan babak pertama, gelandang Al Ahly yakni Afsha coba peruntungan dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16 tapi upayanya masih meleset ke kiri gawang. Hingga jeda turun minum, skor 0-1 tetap bertahan dan membuat Munchen masuk ruang ganti dengan keunggulan sementara.

Selepas jeda, Bayern Munchen tetap dengan permainan sabar dan memaksimalkan serangan balik. Meski lambat, namun counter attack Munchen benar-benar sangat berbahaya.

Menit ke-57’, sebuah percobaan dari Thomas Müller lewat sundulan di kotak penalti masih terlalu tinggi. Beberapa saat kemudian, giliran Eric Maxim Choupo-Moting yang masuk menggantikan Muller coba lakukan hal serupa. Tapi kali ini bola bisa diselamatkan El Shenawi.

Total hingga menit 80, Bayern Munchen berhasil melepaskan 27 tembakan ke gawang Al Ahly, dengan 2 diantaranya mengarah ke sasaran. Tapi sayang, hanya satu gol yang bisa mereka buat sejauh ini.

Sementara Al Ahly, terlihat kalah kelas dengan cuma melepas lima tendangan dengan empat diantaranya mengarah ke sasaran dan tak berbuah satu gol pun.

Lima menit jelang laga usai, Bayern Munchen yang sedari awal membombardir pertahanan Al Ahly akhirnya bisa menggandakan keunggulan. Lagi-lagi lewat sontekan Lewandowski yang memaksimalkan umpan Leroy Sane.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda akhir laga, skor 0-2 untuk kemenangan Bayern Munchen tetap bertahan dan membuat mereka lolos ke final Piala Dunia Antarklub 2020.

Pada partai puncak nanti, Bayern Munchen sudah ditunggu oleh wakil Meksiko, Tigres UANL yang sebelumnya berhasil menaklukkan tim Brasil, Palmeiras, di babak semifinal.

Susunan Pemain
Al Ahly (4-2-3-1)
Mohamed El Shenawi; Mohamed Hany, Badr Banoune, Ayman Ashraf, Ali Maaloul; Hamdi Fathi, Amro El Soulia; Hussein El Shahat, Afsha, Taher Mohamed; Mahmoud Kahraba.

Bayern Munchen (4-2-3-1)
Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Marc Roca; Serge Gnabry, Thomas Mueller, Kingsley Coman; Robert Lewandowski.