Liga Italia

Fakta dan Data Jelang Duel Napoli vs Juventus di Liga Italia

Sabtu, 13 Februari 2021 15:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut kami rangkum fakta dan data jelang duel antara Napoli vs Juventus pada pekan ke-22 Liga Italia 2020-2021. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut kami rangkum fakta dan data jelang duel antara Napoli vs Juventus pada pekan ke-22 Liga Italia 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Berikut kami rangkum fakta dan data jelang duel antara Napoli vs Juventus pada pekan ke-22 Liga Italia 2020-2021. 

Berlangsung di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli akan menjamu Juventus dalam laga pekan ke-22 Serie A Liga Italia 2020-2021, Minggu (14/02/21) dini hari WIB. 

Napoli selaku tuan rumah memiliki misi wajib menang saat menjamu Juventus untuk bisa merangsek ke empat besar klasemen Serie A Liga Italia musim ini. Napoli saat ini diketahui bertengger di peringkat keenam dengan 37 poin, atau hanya selisih tiga poin dari AS Roma dan Lazio yang menepati posisi keempat dan kelima.

Itu artinya, jika Partenopei mampu memenangkan laga kontra Juventus serta tabungan satu laga tunda melawan Si Nyonya Tua berhasil kembali diamankan, maka skuad asuhan Gennaro Gattuso bisa menembus empat besar.

Sejatinya Juventus dan Napoli seharusnya sudah melakoni laga pada pekan ketiga musim ini. Namun ditunda karena pandemi Covid-19 dan hingga saat ini belum ditentukan tanggalnya.

Meski demikian, nampaknya Napoli bakal kesulitan saat menjamu Juventus. Apalagi sejumlah pemain andalannya seperti Kalidou Koulibaly harus absen karena masa karantina sedangkan Kostas Manolas, Dries Mertens, Diego Demme, Faouzi Ghoulam, Elseid Hysaj absen karena cedera.

Untuk menambah keseruan, berikut kami rangkum rangkum sejumlah fakta dan data jelang duel Napoli vs Juventus. 

1. Rekor Pertemuan Pelatih

Seperti diketahui, baik Gennaro Gattuso maupun Andrea Pirlo adalah sama-sama pelatih pendatang baru di Liga Italia. Meski begitu, Gattuso memiliki lebih banyak pengalaman ketimbang Pirlo. 

Jelang laga melawan Juventus, Gennaro Gattuso dibayangi oleh rekor buruk. Dari 8 pertemuan terakhir, Gattuso harus menelan kekalahan sebanyak enam kali.

Meski begitu, Gattuso bukanlah pelatih yang tak bisa mengalahkan Juventus. Eks gelandang AC Milan itu mencuri dua kemenangan dari Bianconeri semasa menjadi pelatih. 

Hanya saja, melawan Andrea Pirlo, Gattuso mesti waspada. Sebab pada pertemuan pertama tahun lalu Gattuso harus kalah dari Andrea Pirlo. 

2. 2 Klub Tersubur

Tuan rumah Napoli musim ini tampil cukup subur di Liga Italia dengan menorehkan 44 gol. Gol terbanyak Napoli musim ini disumbangkan oleh Lorenzo Insigne dan Hirving Lozano (sama-sama 9 gol). 

Sementara catatan lebih sedikit ditorehkan oleh Juventus dengan torehan 41 gol. Gol terbanyak musim ini dibuat oleh Cristiano Ronaldo dengan 16 gol. 

Baik Napoli maupun Juventus adalah 5 besar tim tersubur di Liga Italia musim ini. Uniknya, meski memiliki selisih gol sama dengan Juventus dan lebih banyak dari AC Milan, Napoli terjerembab di peringkat keenam. 

3. Juventus Dominan di Kandang Lawan

Juventus mencatatkan diri sebagai tim dengan catatan tandang terbaik keempat setelah AC Milan dan Inter Milan di Liga Italia musim ini. Dari 10 laga, Juventus cuma kalah satu kali, sisahnya mereka meraih 5 kemenangan dan 4 kali seri.

Dari jumlah itu Juventus mencetak 21 gol dan kebobolan 10 gol. Dari jumlah gol, Bianconeri mencetak satu lebih banyak daripada main kandang (20 gol). Namun mereka kebobolan dua gol lebih banyak dari laga-laga kandang (8 gol). 

Juventus meraih rata-rata 1.90 poin dari 10 laga tandang yang mereka jalani di Liga Italia musim 2020-2021. 

4. Napoli Subur di Kandang

Walau sudah tiga kali kalah di kandang musim ini, namun Napoli menjadi tim kedua paling subur di kandang musim ini. Total 27 gol dicetak Napoli dengan kebobolan sebanyak 10 gol. 

Sama seperti rekor tandang Juventus, saat bermain di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli total meraih 1.90 poin dari partai kandang. Musim ini Napoli cukup tertolong dari laga kandang yang mereka lakoni. 

5. Banjir Gol

Juventus dan Napoli merupakan dua tim dengan gaya permainan menyerang di Liga Italia musim ini. Data mencatat selalu tercipta minimal 3 gol dari 4 pertemuan terakhir antara Napoli dan Juventus di Serie A. 

Salah satu pertemuan yang paling seru adalah pada Liga Italia musim 2019/20. Pada laga yang digelar di Allianz Stadium itu, tujuh gol tercipta di mana Juventus menang dengan skor 4-3 atas Napoli.