Liga Indonesia

Respons Pelatih Bali United Soal Simulasi Protokol Kesehatan Liga 1

Sabtu, 13 Februari 2021 04:20 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Bali United
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco saat menjalani Swab Test PCR di Mes Kuta, Kamis pagi. Copyright: © Bali United
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco saat menjalani Swab Test PCR di Mes Kuta, Kamis pagi.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menyambut positif simulasi protokol kesehatan Liga 1 dan Liga 2 yang dibuat PT Liga Indonesia Baru (LIB). Simulasi tersebut penting bagi setiap klub menjalankan aturan dengan tepat.

LIB memproduksi video berdurasi sepuluh menit tentang simulasi protokol kesehatan Liga 1 dan Liga 2. Simulasi itu dibuat di Stadion PTIK, Jakarta. Video kemudian diunggah LIB di channel youtubenya, LIB TV.

Video tersebut kemudian disebar ke seluruh kontestan Liga 1 dan Liga 2. Seluruh tim diminta mempelajari simulasi protokol kesehatan agar tak bingung ketika liga maupun turnamen pramusim mendapat lampu hijau dari Polri.

Simulasi protokol kesehatan itu mendapat respons positif dari Bali United. Selama masa persiapan, Bali United  sudahsangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Sangat bagus buat semua tim benar-benar tahu protokol kesehatan. Semua tim harus mengikutinya," ucap Teco.

Keberadaan turnamen pramusim juga penting. Ajang itu bisa sebagai uji coba protokol kesehatan. Dengan begitu, ketika kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berjalan, protokol kesehatan bisa berjalan maksimal.

"Saya pikir di dalam turnamen kita bisa melihat ada yang salah atau tidak, sudah bagus atau harus lebih bagus lagi saat liga. Saya pikir itu penting," tutur Teco.

Selain menguji protokol kesehatan, turnamen pramusim yang direncanakan PT LIB sangat bagus untuk semua tim. Terutama bagi Bali United dan Persipura Jayapura yang akan main di ajang Asia. Hampir setahun kedua tim tak melakoni pertandingan.

"Mudah-mudahan sebelum AFC Cup, kita sudah main turnamen atau liga, agar kita lebih siap saat di AFC. Jika kita langsung main di AFC, pasti tim punya masalah karena kompetisi Vietnam dan Kamboja sudah main. Sekarang, mereka ada di atas kita. Tapi jika kita bisa main sebelum AFC, pasti lebih bagus," jelas Teco.

Bali United saat ini sudah melakukan persiapan. Ada 20 pemain yang sudah gabung pada pekan pertama latihan di Denpasar. Nantinya secara bertahap para pemain akan gabung satu per satu.