Liga Indonesia

Jebolan PSM Makassar Bantu Proses Adaptasi Legiun Asing Garuda Select

Minggu, 14 Februari 2021 09:19 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jebolan akademi klub Liga 1 PSM Makassar, Muhammad Rafli Asrul, berperan besar dalam membantu proses adaptasi legiun asing Garuda Select angkatan III.

Statusnya sebagai pemain senior, membuat Rafli wajib menjadi contoh dan sumber informasi bagi pemain lain, termasuk tiga pemain impor dalam skuat Dennis Wise dan Des Walker.

Adapun ketiga legiun asing tersebut adalah Lorenzo Berra (penyerang/Italia), Elia Di Giuliomaria (gelandang/Italia), dan Shaban Mbwana Kingazi (bek kiri/Tanzania).

Rafli sering menghabiskan waktu bersama ketiga pemain tersebut saat tidak menjalani latihan untuk saling mengenali bahasa yang digunakan satu sama lain.

"Kami sudah mulai bisa berbicara menggunakan Bahasa Inggris karena telah bersama-sama dalam adaptasi selama lebih dari satu bulan disini," ungkap Rafli dikutip dari laman Garuda Select.

Top skorer Elite Pro Academy (EPA) 2019 bersama PSM Makassar U-16 ini mengaku agak kikuk saat pertama kali menjalin komunikasi dengan Lorenzo, Elia, dan Shaban.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Rafli malah mendapatkan banyak pengetahuan baru, utamanya mengenai kultur di Italia maupun Tanzania.

"Jadi bagi saya pribadi, sudah tidak banyak kesulitan untuk berkomunikasi dengan mereka sekarang," tutur wonderkid yang bermain di posisi gelandang serang ini.

Sekadar informasi, sebelum mengikuti program Garuda Select angkatan III, Muhammad Rafli Asrul telah terdaftar di skuat senior PSM Makassar sejak September 2020 lalu.