Liga Indonesia

Coach Justin Bongkar Resep Ampuh Agar Bagus Kahfi Awet Main di Belanda

Selasa, 16 Februari 2021 12:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin turut memberi resep ampuh agar Bagus Kahfi bisa awet berkarier di Belanda, setelah ia resmi memperkuat FC Utrecht di awal tahun 2021.

Meski lebih dikenal sebagai mantan pelatih tim Futsal Indonesia, namun Coach Justin memang banyak menghabiskan waktu di Belanda, dan mengaku sebagai penggemar klub FC Utrecht yang baru-baru ini memberi kontrak selama 18 bulan untuk Bagus Kahfi.

Menurut Coach Justin, Belanda merupakan pelabuhan yang tepat bagi Bagus Kahfi jika ingin mengawali karirnya di Eropa. Sebab, orang-orang Belanda sangat toleran dengan pendatang dari berbagai latar belakang.

Namun, jika ingin awet bermain di Belanda, maka Bagus Kahfi harus bisa beradaptasi dengan masyarakat lokal, turut mengikuti kebiasaan orang Belanda, termasuk juga soal kuliner yang beda dengan Indonesia.

"Kalau Bagus membuktikan dia mau belajar bahasa Belanda, belajar makan makanan Belanda, ini sebuah poin plus yang sangat diapresiasi oleh orang Belanda," papar Coach Justin dalam vlog di kanal YouTube miliknya.

"Jadi gue usulkan, dia harus lebih bergaul dengan orang Belanda yang asli, datang ke rumahnya, ajak makan makanan Belanda. Awal-awal mungkin nggak suka, gue juga begitu, lama-lama elu akan suka," imbuhnya.

"Ini contoh yang kalian nggak tahu, setiap istirahat half time, orang Belanda itu suka minum teh panas, itu sudah tradisi. Suka nggak suka, elu ikuti," pungkas Coach Justin.