Bola Internasional

Deretan Pelatih Termuda Sepanjang Sejarah, Nagelsmann Banyak Saingan

Selasa, 16 Februari 2021 15:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Hendrik Schmidt/picture alliance via Getty Images
Julian Nagelsmann (RB Leipzig) adalah salah satu pelatih termuda sepanjang sejarah sepak bola. Copyright: © Hendrik Schmidt/picture alliance via Getty Images
Julian Nagelsmann (RB Leipzig) adalah salah satu pelatih termuda sepanjang sejarah sepak bola.

INDOSPORT.COM - Julian Nagelsmann (RB Leipzig) adalah salah satu pelatih termuda baik saat debut maupun hingga saat ini berkecimpung di dunia sepak bola.

Bayangkan saja, usianya saja masih 33 tahun namun sudah dipasrahi menangani klub besar seperti RB Leipzig yang berkompetisi di salah satu liga top Eropa, Bundesliga Jerman.

Sebelum terjun ke dunia manajerial, Julian Nagelsmann juga beranjak dari seorang pemain. Pria kelahiran 23 Juli 1987 tersebut tercatat pernah berseragam Augsburg dan 1860 Munich sampat tahun 2008.

Akan tetapi, Nagelsmann bukan pesepak bola populer dengan segudang prestasi. Sebaliknya, kariernya sebagai pemain justru layu sebelum berkembang alias tidak pernah mencapai titik puncak kesuksesan.

Ia mengalami cedera lutut dan meniskus, sehingga pada akhirnya harus mengakhiri karier lebih cepat, di usia yang masih sangat muda, 20 tahun.

Untungnya, Nagelsmann sudah punya bekal lumayan sebagai pelatih lantaran pernah menjadi asisten Thomas Tuchel di Augsburg II.

Dan nampaknya, dunia manajerial lebih bersahabat dengan Nagelsmann ketimbang masa kelamnya saat berkecimpung sebagai pemain, terbukti dengan pencapaiannya selama menangani TSG Hoffenheim U-19.

Gelar juara Bundesliga Jerman U-19 pun disumbangkan pria yang dahulu berposisi sebagai bek tersebut. Sampai akhirnya, ia dipromosikan menjadi pelatih tim senior Hoffenheim untuk mengarungi musim 2016-2017.

Saat ditunjuk untuk tugas berat tersebut, Nagelsmann baru berusia 28 tahun. Dengan demikian, ia pun mencatatkan rekor sebagai pelatih termuda di Bundesliga Jerman.

Keputusan klub untuk mempekerjakannya sebagai juru taktik ternyata tidak salah. Nagelsmann pun membawa Hoffenheim finis di peringkat empat klasemen akhir Bundesliga Jerman 2016-2017.

Mendarat di RB Leipzig pada tahun 2019, Nagelsmann juga kembali menorehkan prestasi. Ia membimbing timnya tampil di Liga Champions sebanyak tiga kali dalam kurun waktu empat musim terakhir.

Eksistensi Julian Nagelsmann membuktikan bahwa tidak perlu menunggu terlalu lama atau tua jika ingin terjun ke dunia manajerial. Bukan aji mumpung, setiap pria muda punya kesempatan yang sama untuk membina karier sebagai pelatih.

Nah, selain Nagelsmann, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum sederet pelatih termuda sepanjang sejarah. Siapa saja?