Liga Champions

Rahasia Sukses Porto Bungkam Juventus: Bikin Cristiano Ronaldo 'Mati Kutu'

Kamis, 18 Februari 2021 10:57 WIB
Editor: Isman Fadil
© Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Cristiano Ronaldo tidak berkutik di laga FC Porto vs Juventus. Copyright: © Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Cristiano Ronaldo tidak berkutik di laga FC Porto vs Juventus.

INDOSPORT.COM - Juventus mengalami kekalahan 1-2 dari FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions  di Estadio do Dragao, Kamis (18/02/21) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo tidak berkutik di laga tersebut.

Porto membuka lewat dua gol cepat melalui Mehdi Taremi pada menit ke-2 dan Moussa Marega menit 46. Juventus cuma membalasnya lewat Federico Chiesa (82') yang membuat Bianconeri membutuhkan kemenangan minimal 1-0 saat menjalani leg kedua di Juventus Stadium.

Meski Juventus sedikit diuntungkan saat menjalani leg kedua, skuat asuhan Andrea Pirlo dinilai tampil buruk kala bertandang ke markas Porto. Koordinasi yang buruk di lini pertahanan Juve antara Rodrigo Bentancur dan Wojciech Szczesny membuat tuan rumah unggul cepat melalu Mehdi Taremi.

Gol Taremi juga membuat Porto tampil dengan rasa percaya diri yang tinggi. Anak asuh Sérgio Conceição menerapkan pressing tinggi, yang membuat Juventuskesulitan dalam mengalirkan bola.

Dua gelandang Juventus  Adrien Rabiot dan Bentancur tampil di bawah tekanan, dan hanya bisa melakukan umpan-umpan panjang.

Sedangkan sektor gelandang serang Juventus Weston McKennie dan Dejan Kulusevski tak bisa membuat peluang berbahaya. Begitu pun dengan Cristiano Ronaldo yang dibatasi ruang geraknya oleh pertahanan FC Porto yang dikomando oleh Pepe.

"Pirlo meminta anak asuhnya untuk membangun serangan dari bawah, tapi mereka harus memiliki pertahanan yang baik. Szczesny tidak mengira bahwa ada pemain dalam performa buruk di depannya," kata pakar Squawka, Muhammad Butt.

Juventus hanya mendapatkan satu peluang emas melalui Rabiot. Tapi penjaga gawang Porto, Marchesin, mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan.