Liga Indonesia

Izin Piala Menpora Bisa Dicabut dan Dibubarkan di Tengah Kejuaraan, jika...

Jumat, 19 Februari 2021 17:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan kepolisian bisa saja mencabut izin pertandingan meski Piala Menpora 2021 sudah bergulir. Hal itu merujuk pada komitmem PSSI dan klub peserta untuk menjalankan kewajiban protokol kesehatan di tengah pandemi.

Iwan Bule (sapaan Iriawan) menjelaskan, kepolisian akan benar-benar mengawasi jalannya turnamen Piala Menpora 2021. Jika ada pelanggaran kesepakatan, maka kejuaraan itu bisa dibubarkan.

"Pihak kepolisian bisa sewaktu-waktu mencabut surat izin yang dikeluarkan jika tak berjalan sesuai kesepakatan. Makanya kami berharap penggemar memahami," katanya.

PSSI menegaskan, poin utama dari kepolisian adalah tidak adanya suporter ke stadion, tidak ada kegiatan nonton bareng atau berkerumun dan wajib menjalankan protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Iwan Bule memohon agar semua penggemar sepak bola turut mendukung gerakan 'nonton di rumah saja' selama gelaran Piala Menpora. Jika komitmen tersebut dilanggar, bukan hanya izin Piala Menpora yang dicabut tapi juga kepolisian tak akan memberikan izin untuk kompetisi Liga 1, 2 dan 3.

"Intisarinya adalah tak boleh datang stadion, nobar atau berkerumum. Hanya ada sekitar 200-an orang yang di stadion atau terlibat dalam satu pertandingan dan itu semuanya wajib di swab dari sopir semuanya, termasuk wartawan juga," jelas Iwan Bule.