Bola Internasional

Kiper-kiper Bertangan Beton Karena Sering Clean Sheet di Bundesliga Musim Ini

Senin, 22 Februari 2021 21:24 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Manuel Neuer, kiper Bayern Munchen Copyright: © Getty Images
Manuel Neuer, kiper Bayern Munchen

INDOSPORT.COM - Bundesliga Jerman dikenal sebagai salah satu kompetisi yang mampu melahirkan sejumlah pemain bintang hebat.

Tak heran jika banyak klub top Eropa yang kepincut mencari bibit-bibit muda maupun pemain yang sudah jadi di Jerman. Salah satunya adalah sektor penjaga gawang.

Banyak tim-tim Bundesliga Jerman yang mempunyai kiper tangguh hasil didikan mereka sendiri seperti Manuel Neuer misalnya. Pemain berusia 34 tahun itu diorbitkan oleh tim Schalke 04 sebelum akhirnya pindah ke Bayern Munchen.

Munchen bertindak cepat untuk mengamankan jasa Neuer, setelah melihat potensi yang dimilikinya. Dengan mahar 30 juta euro, Die Roten menebus Neuer dari Schalke 04 pada tahun 2011 lalu.

Benar saja, kemampuan Manuel Neuer semakin terasah pindah ke tim bermental juara. Reflek dan kemampuannya dalam membaca pergerakan lawan dalam duel satu lawan satu menjadi kelebihannya.

10 tahun membela Bayern Munchen, Neuer mampu memberikan banyak gelar hingga menjadikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia saat ini.

Neuer juga menjadi salah satu kiper Liga Jerman dengan clean sheet terbanyak. Pasalnya, musim lalu ia berhasil mencatatkan 15 clean sheet dari 33 penampilannya di Bundesliga.

Berkat penampilannya yang luar biasa bersama Munchen pada musim lalu, ia dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik dunia saat ini yang diberikan oleh IFFHS.

Musim ini, pemain berusia 34 tahun itu berhasil menciptakan lima clean sheet dari 22 pertandingan dan sudah kebobolan 31 gol. Performa yang apik dari Neuer, membuat Bayern Munchen kokoh di puncak klasemen sementara Bundesliga.

Selain Manuel Neuer, Bundesliga Jerman juga mempunyai kiper-kiper hebat lain yang mampu menorehkan clean sheet cukup banyak. Siapa saja mereka?

 
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%