In-depth

Timnas Portugal Kini Bertabur Bintang

Kamis, 25 Februari 2021 21:03 WIB
Editor: Isman Fadil
© Filipe Amorim/NurPhoto via Getty Images
Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo saat membela Timnas Portugal Copyright: © Filipe Amorim/NurPhoto via Getty Images
Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo saat membela Timnas Portugal

INDOSPORT.COM - Tim nasional (Timnas) Portugal kini sedang terkenal karena memiliki sejumlah pemain yang tengah mencuat di liga-liga Eropa. Selain Cristiano Ronaldo, pemain seperti Bruno Fernandes, Joao Felix, dan Ruben Dias tengah menanjak penampilannya di musim ini.

Menurut update terbaru dari Transfermarkt, Portugal memiliki dkuat dengan total nilai 809,5 juta euro. Juara bertahan EURO masih di bawah Spanyol, Prancis, Brasil dan Inggris.

Skuat Portugal untuk Piala Dunia 2018 bernilai 465,5 juta euro. Setelah 2 tahun, serangkaian bakat berkembang, membantu A Seleção meningkatkan nilainya. Dari berbagai sektor, Portugal memiliki nama top dunia.

Di lini pertahanan, Portugal memiliki bintang Ruben Dias (60 juta euro), Joao Cancelo (36 juta euro), Raphael Guerreiro (35 juta euro) atau Danilo Pereira (24 juta euro). 

Musim ini, Ruben Dias bergabung dengan Manchester City dari Benfica. Bintang kelahiran 1997 itu menunjukkan penampilan impresif dan dianggap sebagai bek papan atas Liga Inggris saat ini.

Di lini tengah, Portugal memiliki 2 bintang yang ada pada diri Bruno Fernandes (90 juta euro) dan Ruben Neves (50 juta euro). Trincao (25 juta euro), Renato Sanches (28 juta euro) adalah dua nama selanjutnya yang bisa menjadi pilihan pelatih Fernando Santos.

Joao Felix, bernilai 100 juta euro, adalah pemain termahal di lini depan skuat Portugal saat ini. Selain Felix, pemain termahal lainnya adalah Bernardo Silva (70 juta euro), Cristiano Ronaldo (60 juta euro) dan Diogo Jota (40 juta euro).

Pelatih Sporting Braga, Carlos Carvalhal, menilai Portugal memang memiliki tradisi mencetak pemain-pemain bintang masa depan. Setelah era Luis Figo habis, muncul nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, hingga Joao Felix.

"Kami melihat generasi emas Portugal berikutnya. Sebelumnya, Luis Figo, Cristiano Ronaldo, Pauleta, Deco, mmbentuk generasi berbakat selama bertahun-tahun, di sana selalu muncul setidaknya satu pemain bagus yang mengabdi pada tim nasional," kata Carvalho dikutip dari The Sun.

"Trincao yang pindah ke Barcelona pada musim panas 2020 adalah pemain yang memiliki talenta. Kasus serupa terjadi pada Jota dari Liverpool. Saat ini, tim Portugal bisa mengimbangi Jerman, Inggris, Prancis dan Spanyol. Sebelumnya, kami merasa selalu selangkah di belakang mereka," sambungnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
11%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
41%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
4%
IDS Emoticon Marah
Marah
30%