In-depth

Mimpi Liar Moyes Bawa West Ham Tembus ke Liga Champions

Rabu, 3 Maret 2021 17:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Kirsty Wigglesworth - Pool/Getty Images
David Moyes tengah merenda keajaiban di klub Liga Inggris, West Ham, dengan berusaha membawa The Hammers ke kompetisi tertinggi benua biru, Liga Champions Eropa Copyright: © Kirsty Wigglesworth - Pool/Getty Images
David Moyes tengah merenda keajaiban di klub Liga Inggris, West Ham, dengan berusaha membawa The Hammers ke kompetisi tertinggi benua biru, Liga Champions Eropa

INDOSPORT.COM - David Moyes tengah merenda keajaiban di klub Liga Inggris, West Ham, dengan berusaha membawa The Hammers ke kompetisi tertinggi benua biru, Liga Champions Eropa. 

Liga Inggris 2020-2021 tak henti-hentinya menghadirkan kejutan. Mulai dari penampilan spartan Everton dan Tottenham di awal musim, sampai kejatuhan Liverpool kebangkitan duo tim Manchester. 

Awal tahun ini, Liga Inggris kembali menghadirkan kejutan. Kejutan itu adalah tim West Ham United. 

Sampai pekan ke-26, West Ham mengejutkan banyak pihak dengan mampu bertengger di posisi keempat klasemen. West Ham mengungguli Chelsea (44 poin) dan Liverpool (43) dengan mengumpulkan total 45 angka. 

Penampilan West Ham memang begitu impresif awal tahun 2021 ini. Thomas Saucek dkk meraih 7 kemenangan, 1 imbang, 2 kalah dari 10 laga terakhir.

Perolehan ini lebih impresif dari Chelsea, Tottenham, dan Liverpool. Wajar saja The Hammers sanggup melejit ke peringkat keempat. 

Meski kebanyakan kalah atau imbang menghadapi klub langganan The Big Four, namun West Ham tidak menyia-nyiakan poin saat melawan tim papan tengah dan bawah. 

© INDOSPORT
David Moyes resmi jadi pelatih West Ham United. Copyright: INDOSPORTDavid Moyes resmi jadi pelatih West Ham United.

Dalam dua laga terakhir West Ham tampil apik dengan menundukkan Tottenham Hotspur pada pekan ke-25 dan kalah tipis dalam laga sengit melawan Man City di pekan ke-26. 

Hasil gemilang yang diraih West Ham tak terlepas peran dari pelatih senior, David Moyes. Kedatangan Moyes pada November 2020 menggantikan Slaven Bilic benar-benar tepat. 

Sebelum David Moyes datang, West Ham terperosok ke zona merah. Namun, di tangan Moyes, perlahan tapi pasti West Ham merangkak hingga ke papan atas, zona Eropa.