Bursa Transfer

Erling Haaland Masuk Rencana Mutlak Laporta, 9 Bintang Barcelona Jadi Tumbalnya

Sabtu, 13 Maret 2021 13:55 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© Soccrates Images/GettyImages
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland jadi bagian skema mutlak Joan Laporta. Demi singgah ke Camp Nou, sembilan bintang Barcelona ini pun jadi tumbal pada bursa transfer nanti. Copyright: © Soccrates Images/GettyImages
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland jadi bagian skema mutlak Joan Laporta. Demi singgah ke Camp Nou, sembilan bintang Barcelona ini pun jadi tumbal pada bursa transfer nanti.

INDOSPORT.COM - Menjelang pembukaan bursa transfer musim panas, Joan Laporta optimis bisa datangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Sayangnya, rencana ini bakal berimbas sembilan bintang Barcelona yang bakal jadi tumbalnya.

El Barca membutuhkan striker nomor 9, ungkapan yang layak menggambarkan sepak terjang mereka usai ceroboh buang Luis Suarez. Hal ini sendiri didasari hutang fantastis mencapai 1,2 miliar euro (Rp20 triliun) dan butuh banyak biaya untuk menutupnya.

Gara-gara tak punya striker tajam, Blaugrana pun terkesan gagal tampil menjanjikan ketika hanya Lionel Messi seorang yang gemilang. Ironisnya, mereka memiliki Ousmane Dembele, Martin Braithwaite, hingga Antoine Griezmann untuk jadi tandemnya.

Harapan mereka pun belum sepenuhnya hilang ketika Joan Laporta bak jadi penyelamat usai gagalnya rezim kepresidenan Josep Maria Bartomeu. Bisa lunasi sebagian hutang jangka pendek senilai 730 juta euro (Rp12 triliun), ia pun canangkan nazar tak terduga.

Ya, orang nomor satu klub ini dengan bangganya menyebut kedatangan Erling Haaland bukan sekedar lelucon belaka. Striker Die Borussen ini sendiri masih jadi prospek panas bursa transfer karena potensinya yang begitu mengagetkan.

Bayangkan, dua musim keikutsertaannya sukses cetak 47 gol dalam 47 pertandingan berikut dengan banyak rekor-rekor gila dunia sepak bola Eropa. Harganya pun langsung melonjak jadi 110 juta euro (Rp1,89 triliun) saking hebatnya di lapangan.

Tentu dengan harga mahal tersebut, seolah tak etis Barcelona yang cenderung alami masalah finansial bisa memboyongnya. Akan tetapi impian Laporta bukan berarti mustahil dijalankan karena masih ada jalur korbankan sembilan pemainnya.