Liga Indonesia

Persib Kental dengan Aroma Belanda, Begini Reaksi Robert Rene Alberts

Selasa, 16 Maret 2021 10:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengakui timnya saat ini sangat kental dengan aroma Belanda dan Ajax Amsterdam menjelang partisipasi di Piala Menpora dan Liga 1 2021.

Pasalnya, Persib baru saja merekrut Ezra Walian, pemain naturalisasai kelahiran Belanda yang mengawali karier di Ajax Amsterdam sama seperti Robert dan striker Geoffrey Castillion.

Selain itu, lini pertahanan Persib saat ini dihuni Nick Kuipers yang juga berasal dari Belanda. Sehingga, total ada tiga orang berpaspor Negeri Kincir Angin plus satu pemain naturalisasi dalam skuat Maung Bandung.

Robert Rene Alberts menuturkan, nuansa Belanda di Persib ini hanyalah kebetulan. Pasalnya, pemain yang dibutuhkan timnya memiliki hubungan dengan Negeri Kincir Angin.

"Itu benar-benar hanya kebetulan, dan membuat ini menjadi seperti tim Ajax di Indonesia. Geoffrey berasal dari akademi Ajax, Ezra juga, tapi semua itu hanya kebetulan, Ezra kini berpaspor Indonesia dan Geoffrey berstatus bebas transfer setelah dilepas tim Islandia," cetus Robert, Senin (15/03/21).

"Tentu orang datang ke sini dengan latar belakang. Mereka punya ilmu sepak bola bagus dari Belanda yang filosofinya menyerang. Jangan lupa juga ada Nick Kuipers dan mendadak tim ini seperti ada koneksi Belanda. Tapi semua hanya kebetulan, bukan kesengajaan," ujarnya menambahkan.

Pelatih berusia 66 tahun ini kembali menegaskan, aroma Belanda di skuat Persib saat ini merupakan kebetulan. Pasalnya, dalam proses perekrutan pemain, ia harus mencari pemain yang sudah berstatus bebas transfer dan seusai dengan kebutuhan tim.