Liga Spanyol

Xavi Konfirmasi Kontak dengan Laporta, Sinyal Bahaya Koeman di Barcelona?

Selasa, 16 Maret 2021 17:26 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Belum genap satu musim bersama raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, nasib Ronald Koeman sudah dalam bahaya. Pasalnya, Xavi baru-baru ini menyebut sudah ada kontak dengan Joan Laporta selaku presiden klub.

Catalan nyatanya merindukan kejayaan di masa lampau, terutama ketika tahun-tahun penuh prestasi dengan Pep Guardiola dan Luis Enrique. Hal inilah yang membuat mereka pilih presiden yang pernah jayakan mereka beberapa tahun lalu.

Ya, imbas 'larinya' Josep Maria Bartomeu, Laporta yang pernah bawa keajaiban di Blaugrana periode 2003 hingga 2010 lalu, dipilih lagi jadi orang nomor satu. Maklum saja, kondisi klub sudah sangat sekarat baik dalam hal ekonomi dan prestasi.

Ketika hutang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun) serasa masih belum cukup, Barcelona sudah tak memiliki taji lagi di LaLiga Spanyol dan tersingkir dari Liga Champions musim ini. Adanya Ronald Koeman sendiri tak mengubah fakta jika performa mereka anjlok.

Bagaimana tidak? Kehilangan Luis Suarez yang gabung rival, Atletico Madrid, harus dibayar mahal dengan kesetiaan Lionel Messi. Jika saja tak ada klausul rilis 700 juta euro (Rp12 triliun) di sisa kontraknya setahun ini, ia sudah pasti angkat kaki.

Buruknya kualitas Koeman sendiri merupakan hal yang lumrah ketika minim gelar bersama Everton, Southampton, Benfica, Valencia hingga Timnas Belanda. Ada kans penggantian pelatih, sang legenda playmaker klub, Xavi bawa kabar mengejutkan.

Menyebut jika Joan Laporta adalah teman terbaiknya, pelatih raksasa Qatar, Al-Sadd ini pun buka peluang pulang ke Barcelona. Akankah ia segera resmi gantikan Ronald Koeman secara tiba-tiba?