Liga Indonesia

Termasuk Bintang Persib Bandung, Ini 5 Pemain Lokal Keturunan Asing di Piala Menpora 2021

Minggu, 21 Maret 2021 21:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Termasuk bintang anyar Persib Bandung, berikut lima pemain lokal keturunan asing yang bakal mentas di Piala Menpora 2021. Ada calon penggawa Timnas Indonesia?

Gelaran Piala Menpora 2021 sendiri baru menggulirkan laga perdana babak penyisihan grup hari Minggu (21/03/21). Dua partai sengit terjadi, yakni Arema FC vs Tira Persikabo serta PSIS vs Barito Putera.

Menariknya dalam dua pertandingan tersebut, tak ada tim yang keluar sebagai pemenang. Duel Arema FC vs Tira Persikabo berakhir imbang 1-1, sementara PSIS vs Barito juga seri dengan skor 3-3.

Fase grup Piala Menpora 2021 sendiri akan berlangsung selama 18 hari. Di mana setiap harinya ada dua pertandingan fase grup dalam rentang 21 Maret-7 April. Kecuali untuk tanggal 26 Maret dan 4-6 April.

Sebagai turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 tentu akan dimanfaatkan klub-klub untuk menguji kemampuan tim dan para pemainnya.

Terutama bagi klub-klub yang telah dan ingin mengontrak pemain asing untuk gelaran Liga 1 2021, yang mulai bergulir pada bulan Juni mendatang. 

Selain panggung para pemain asing, sejumlah bintang muda yang naik kelas ke tim utama juga diprediksi bakal unjuk kebolehan untuk memikat tim pelatih Timnas Indonesia.

Menariknya, tidak cuma pemain asli Indonesia terdapat pula sejumlah bintang keturunan asing yang berpotensi mentas di ajang Piala Menpora 2021 ini. Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba mengulas:

Kevin Gomes (Brasil)

© Persita Tangerang
Bek anyar Persita Tangerang, Kevin Gomes. Copyright: Persita TangerangBek anyar Persita Tangerang, Kevin Gomes.

Nama pertama adalah Kevin Gomes, pemain kelahiran Medan tersebut akan memperkuat Persita Tangerang setelah dipinang dari klub Borneo FC.

Meski lahir di Indonesia, namun wingback berusia 22 tahun ini memiliki darah Brasil yang berasal dari sang ayah, Gomes de Oliveira yang merupakan pesepak bola Brasil serta legenda Persebaya Surabaya.

Sebelum perkuat Persita, Kevin Gomes sempat berkarier di negeri Samba dengan memperkuat Araxá Esporte Clube, salah satu klub Campeonato Brasileiro Serie D pada tahun 2018 silam.

Ronaldo Kwateh (Liberia)
Berikutnya adalah Ronaldo Kwateh, mantan penggawa Persib Bandung U-16 ini merupakan pemain muda Indonesia berdarah Liberia.

Ronaldo Kwateh yang lahir di Yogyakarta ini sejatinya cukup akrab dengan sepak bola nasional, lantaran ia merupakan anak eks pemain asing Maung Bandung, Roberto Kwateh.

Saat ini, Kwateh yang berusia 16 tahun tersebut sedang memperkuat Madura United dan besar kemungkinan bakal debut di pertandingan Piala Menpora 2021.