In-depth

Sejarah Insiden Memalukan Steven Gerrard di Derbi Merseyside, Lepas Kendali

Kamis, 25 Maret 2021 08:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebuah kehormatan besar diterima oleh Steven Gerrard menjelang pertandingan Derbi Merseyside kontra Everton di Stadion Anfield pada pekan ke-31 Liga Inggris 2005-2006. 

Legenda hidup yang identik dengan nomor punggung 8 tersebut menyandang tugas mulia. Dia menjadi duta kota dalam rangka mempromosikan Liverpool sebagai Capital of Culture 2008.

“Saya sungguh bahagia dan bangga bisa membantu Liverpool mengibarkan panji untuk Capital of Culture 2008,” ujar Steven Gerrard di BBC Sport kala itu.

Gerrard bersedia mengenakan kostum khusus bernomor punggung 08 yang menandakan tahun penyelenggaraan Capital of Culture di Liverpool. Dia tak sendirian karena James Beattie di kubu Everton juga memakai kostum bernomor punggung serupa, 25 Maret 2006.  

Entah karena terlalu bersemangat atau memang terbakar atmosfer panas derbi, perilaku Gerrard di atas lapangan justru terkesan mengabaikan kewajiban menjaga sikap selayaknya seorang duta program.

Dalam rentang waktu tak sampai dua menit, Steven Gerrard melakukan dua pelanggaran bodoh yang mengakibatkan wasit mengganjarnya dengan kartu kuning. Dia terpaksa meninggalkan lapangan ketika pertandingan baru berlangsung sepertiga babak alias 18 menit!

Beruntung, Liverpool masih terlalu tangguh bagi Everton. Gol bunuh diri Phil Neville semenit menjelang turun minum membuka keunggulan tim tuan rumah sekaligus mengawali keceriaan publik Anfield.

Selanjutnya, Liverpool sanggup menambah dua gol melalui sepakan Luis Garcia (47') dan Harry Kewell (84'). Proses terciptanya gol terbilang indah karena dilakukan dari jarak jauh dan laju bola melengkung ke sudut gawang Everton.

Total tiga gol Liverpool hanya mampu dibalas satu gol oleh Everton lewat tandukan Tim Cahill memanfaatkan situasi sepak pojok. Skor akhir 3-1 membuat Liverpudlian bisa sedikit melupakan tindakan bodoh Steven Gerrard.

Namun, pelatih Liverpool, Rafael Benitez, tampak kecewa dengan sikap Gerrard yang lepas kendali. Dia meminta sang kapten lebih bijak lagi dalam berperilaku ke depannya.

“Steven Gerrard dan semua pemain Liverpool mesti belajar bermain dengan otak dan hati,” cetus Rafael Benitez selepas laga seperti dilansir BBC Sport.