Bola Internasional

Nasib Pemain Garuda Select 3, Ikut Ujian Nasional Malam Hari di Inggris

Sabtu, 27 Maret 2021 12:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Sebanyak 21 pemain Garuda Select 3 bertolak ke Inggris. Copyright: © PSSI
Sebanyak 21 pemain Garuda Select 3 bertolak ke Inggris.

INDOSPORT.COM - Sebagai pesepak bola profesional, pemain Garuda Select jilid III juga tak melupakan pendidikan formal. Pada akhir Maret nanti, sejumlah personel akan mengikuti Ujian Nasional level SMA.

Ada pun pemain-pemain yang dimaksud antara lain Rafli Asrul, Fernando Pamungkas, Edgard Amping, dan Daniel Naa. Mereka bakalan melewati fase penting dalam hidup mereka, yakni Ujian Sekolah sebagai pengganti Ujian Nasional.

Ujian tahun ini tentu amat berbeda bagi mereka. Tantangan jelas harus dihadapi mengingat saat ini mereka berada jauh dari rumah. Beruntung, sekolah masih menerapkan sistem belajar daring selama pandemi.

Maka, ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan para pemain Garuda Select 3 agar tetap bisa belajar dengan fokus, sekaligus berlatih sepak bola di bawah arahan pelatih asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

"Bagi saya, tantangannya sangat berat karena sudah beberapa bulan saya tak masuk sekolah, walau di sini (Inggris) masih tetap belajar secara rutin dengan bimbingan guru," ujar Fernando Pamungkas.

"Tantangannya, saya harus bisa menyerap dengan baik semua pelajaran yang diberikan guru kami. Saya tak ada masalah dengan pembagian waktu antara latihan dan belajar," tambah pemain Persebaya Surabaya itu.

Demikian pula dengan pemain muda PSM Makassar, Rafli Asrul, yang mengaku tidak sulit untuk mengikuti sistem pelajaran di Inggris dan berbagi waktu dengan latihan.

"Di sini, kami semua belajar setiap selesai latihan sore. Menurut saya, tidak ada yang menyulitkan karena belajar itu biasanya memang di luar waktu latihan. Bagaimana pun, kami tetap butuh belajar dan sekolah agar tidak ketinggalan pelajaran," kata Rafli Asrul.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%