Bola Internasional

Euro 1968: Momen Kekalahan Perdana Italia atas Bulgaria Sepanjang Sejarah

Minggu, 28 Maret 2021 21:12 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© uefa.com/©Getty Images
Pertandingan Bulgaria vs Italia di ajang Euro 1968 Copyright: © uefa.com/©Getty Images
Pertandingan Bulgaria vs Italia di ajang Euro 1968

INDOSPORT.COM – Mengenang momen Euro 1968, saat sang juara Italia alami kekalahan perdana sepanjang sejarah dari Bulgaria pada babak perempatfinal. Akankah hal sama kembali terjadi malam nanti?

Timnas Italia sendiri pada Senin (29/03/21) dini hari WIB nanti, bakal kembali bertanding di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup C, dengan menghadapi tuan rumah Bulgaria.

Bertanding di Stadion Vasil Levski, secara statistik jelas Timnas Italia jauh diunggulkan dan diprediksi bakal mudah raih kemenangan dari Bulgaria.

Tercatat, Timnas Italia baru saja mengalahkan Irlandia Utara di pertandingan perdana kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan skor 2-0. Masing-masing gol Gli Azzurri dicetak lewat sontekan Domenico Berardi di menit ke-14’, dan Ciro Immobile menit ke-38’.

Bahkan jika ditarik lebih jauh, Timnas Italia belum pernah rasakan kekalahan sejak 2018 silam. Kekalahan terakhir yang diraih Italia terjadi pada 10 September 2018, yakni dalam penyisihan grup UEFA Nations League A kontra Portugal (1-0).

Sementara itu, hal sebaliknya baru saja dialami Timnas Bulgaria, yang menelan kekalahan atas Swiss di pertandingan perdana kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Eropa.

Pada pertemuan terakhir, Timnas Italia juga berhasil mengalahkan Bulgaria (September 2015) dengan skor 1-0. Gol semata wayang Azzurri dicetak Daniele De Rossi dari titik putih menit ke-6’.

Meski secara rapor pertandingan serta rekor pertemuan Bulgaria sangat jauh berada dibawah Italia, namun ada satu momen kala peraih empat trofi Piala Dunia itu dipermalukan skuad Lavovete.

Walau bukan dengan skor besar, namun kekalahan tersebut sangat mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, itu merupakan kemenangan perdana Bulgaria sepanjang sejarah pertemuan dengan Italia.

Momen tersebut terjadi pada ajang Euro 1968. Di event tersebut, Timnas Italia berstatus sebagai tuan rumah dan menunjuk Rome, Naples dan Florence sebagai kota penyelenggara.

Sebagai informasi, gelaran Euro tahun 1968 silam sedikit berbeda dengan sistem Euro saat ini. Di mana semua laga babak penyisihan grup, dilangsungkan di masing-masing negara peserta. Hanya babak semifinal dan final yang ditempatkan di Italia.

Sepanjang penyisihan, baik Bulgaria dan Italia sejatinya sama-sama tampil beringas. Bulgaria yang mengandalkan Petar Zhekov dan Dinko Dermendzhiev, berhasil memuncaki klasemen Grup 2 dengan raihan 20 poin. Unggul empat angka dari Portugal yang jadi pesaing terdekat.

Sementara Italia, bermain sangat superior dengan catatkan lima kemenangan dan satu hasil seri dari total 6 laga. Mereka pun keluar sebagai juara Grup 6 dengan 11 angka, unggul telak dari Rumania dan Swiss yang berada satu grup.