Liga Spanyol

Krisis Itu Apa? Gara-gara Ini, Messi dan Koeman Bantu Barcelona Menangi LaLiga

Minggu, 28 Maret 2021 12:37 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© David Ramos/Getty Images
Tanpa peduli krisis menerpa, Lionel Messi dan Ronald Koeman bisa buat Barcelona juara LaLiga Spanyol gara-gara hal ini. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Tanpa peduli krisis menerpa, Lionel Messi dan Ronald Koeman bisa buat Barcelona juara LaLiga Spanyol gara-gara hal ini.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi dan Ronald Koeman nampaknya sukses bahu membahu Barcelona untuk bisa menangi LaLiga Spanyol musim ini. Hebatnya, mereka tak terpengaruh dengan masalah krisis yang sejak awal menghantui.

Terpuruk sebelum awali musim jadi titik terendah El Barca yang kadung menderita imbas beragam kegagalan. Bagaimana tidak? Saat liga domestik musim lalu terenggut, kalah dengan skor 2-8 lawan Bayern Munchen di Liga Champions hancurkan pamor mereka.

Bak sudah jatuh tertimpa tangga, kesengsaraan dari mereka bertambah berlipat ganda karena pandemi Corona. Tak dapat pemasokan sampai pangkas gaji 70 persen tetap membuat mereka terlilit hutang hingga 1,2 miliar euro (Rp20 triliun).

Ketika ancaman pailit tak terelakan setidaknya sampai akhir LaLiga Spanyol atau Juni nanti, Lionel Messi pun ingin angkat kaki. Striker Timnas Argentina itu sendiri punya alasan kuat karena merasa tak lagi nyaman tanpa adanya sahabat terbaik, Luis Suarez.

Maklum, kondisi finansial yang sudah terlanjur sulit untuk diterima akal sehat memaksa Koeman mengorbankan banyak pemain potensial dengan dalih usia tua. Selain Suarez, ada Arturo Vidal, dan Ivan Rakitic yang jadi sasarannya.

Hasilnya? Jangankan naik ke posisi atas, sepak terjang Catalan yang bertahan di papan tengah saja patut disyukuri kala lakoni awal musim. Kendati demikian, ajaibnya kini nasib mereka justru berubah usai mampu kalahkan rival lain di liga domestik.

Ya, Atletico Madrid yang jadi kandidat juara LaLiga Spanyol dan saingan berat mereka, Real Madrid, tak lantas buat Barcelona putus asa. Ketelatenan jadi bukti ketika skuat Koeman berpotensi raih juara liga musim ini.