Bola Internasional

Dikritik Usai Ngamuk dan Banting Ban Kapten, Ronaldo Beri Balasan Menohok

Senin, 29 Maret 2021 07:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Srdjan Stevanovic/Getty Images
Para pemain Portugal (putih) merayakan gol Diego Jota ke gawang Serbia pada laga kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di FK Crvena Zvezda stadium, Belgrade, Saabtu (27/3/2021). Copyright: © Srdjan Stevanovic/Getty Images
Para pemain Portugal (putih) merayakan gol Diego Jota ke gawang Serbia pada laga kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di FK Crvena Zvezda stadium, Belgrade, Saabtu (27/3/2021).

INDOSPORT.COM – Superstar Juventus, Cristiano Ronaldo mengunggah balasan menohok usai mendapat kritikan karena mengamuk dan membanting ban kapten timnas Portugal karena kesal golnya dianulir oleh wasit.

Ronaldo kembali tampil sebagai starter saat membela Portugal menghadapi Serbia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar hari Minggu (28/03/21) dini hari WIB.

Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 2-2. Portugal lebih dulu unggul di babak berkat berkat dua gol dari Diogo Jota. Namun, Serbia membalas  di paruh keda lewat gol-gol Aleksandar Mitrovic dan Filip Kostic.

Ronaldo, sebagai kapten, sejatinya berpeluang mengunci kemenangan untuk timnya dengan mencetak gol di injury time. Golnya ini tercipta berkat sepakan yang meluncur ke gawang setelah menerima umpan lambung dari Nuno Mendes.

Akan tetapi momen tersebut tidak terpantau oleh wasit Danny Makkelie. Sang wasit menganggap sepakan Ronaldo sudah lebih dulu ditekel oleh bek Serbia, Stefan Mitrovic.

Hal ini  membuat Ronaldo  naik pitam. Dia pun berlari ke arah hakim garus untuk memberikan penjelasan. Alih-alih dapat jawaban, Ronaldo justru diganjar kartu kuning oleh  Makkelie.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ESPN FC (@espnfc)

Kamera yang menyoroti ke arah penyerang 34 tahun itu memperlihatkan CR7 melambaikan tangannya sembilan kali tanda tak setuju kepada keputusan Danny Makkelie.

Ronaldo juga terlihat melepaskan ban kapten dan kemudian mmebantingnya ke tanah sembari berjalan ke tepi lapangan sebagai luapan kekesalahannya terhadap keputusan sang wasit.

Di akhir laga, pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, memberikan kabar bahwa wasit Danny Makkelie akhirnya menyampaikan permintaan maaf karena tidak mensahkan gol Cristiano Ronaldo.

Meski begitu, aksi Ronaldo ini sendiri dianggap kurang terpuji oleh mantan rekan setimnya, Fernando Meira. Menurutnya, membanting ban kapten bukanlah hal yang tepat.

“Itu jelas gol, tapi Ronaldo tidak boleh melempar ban kapten seperti itu. Reaksi Cristiano itu wajar, tapi tidak bisa diterima dari seorang kapten tim nasional," ujar Meira, dilansir Football Italia.

"Anda tidak boleh melempar ban kapten ke tanah dan masuk ke ruang ganti ketika pertandingan masih berjalan. Itu adalah sikap yang tak bisa diterima dari seorang pemain sekaliber dia."

"Saya memahami rasa frustrasinya dan saya sepakat dengannya karena golnya seharusnya sah, tapi wasit harus membuat keputusan tanpa VAR dan dia harus memberi contoh," katanya soal reaksi Ronaldo.