Bola Internasional

Ketika Bayern Munchen Juara Bundesliga Jerman Hanya dengan 13 Pemain

Rabu, 31 Maret 2021 15:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bayern Munchen. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM – Bayern Munchen dianggap sebagai penguasa Bundesliga Jerman. Anggapan ini tak salah bila menilik sejarah saat Die Roten menjuarai liga hanya bermodalkan 13 pemain saja.

Jika menyebut nama Bundesliga Jerman, semua pecinta sepak bola akan menunjuk Bayern Munchen. Tim yang juga dijuluki FC Hollywood ini menjadi klub tersukses dengan torehan 30 gelar juara selama 56 tahun berada di liga.

Kehebatan Munchen sendiri bahkan terlihat dalam satu dekade terakhir di mana Die Roten menjadi kampiun Bundesliga selama delapan musim berturut-turut sejak musim 2012/13.

Munchen bisa saja menambah rekor tersebut menjadi gelar juara kesembilan secara beruntun di musim 2020/21 ini mengingat saat ini Die Roten tengah duduk di puncak klasemen Bundesliga unggul empat poin dari pesaing terdekatnya.

Kedigdayaan Bayern Munchen sendiri bukanlah suatu hal yang mengejutkan mengingat materi yang dimilikinya sejak dahulu.

Dari lini belakang hingga lini depan, Munchen dihuni pemain-pemain bernama besar dengan kemampuan di atas rata-rata pemain lainnya.

Monopoli Munchen ini sejatinya telah berlangsung lama. Bahkan saking hebatnya, pernah dalam satu musim Die Roten menjuarai Bundesliga Jerman hanya dengan bermodalkan 13 pemain saja.

Hal tersebut terjadi di musim 1968/69. Pada musim itu, telah diperkenalkan pergantian dua pemain di Bundesliga Jerman.