Liga Inggris

Peter Bonetti: 'Si Kucing' yang Setia di Bawah Mistar Gawang Chelsea

Rabu, 31 Maret 2021 13:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© S&G/PA Images via Getty Images
Peter Bonetti, mantan kiper Chelsea. Copyright: © S&G/PA Images via Getty Images
Peter Bonetti, mantan kiper Chelsea.

INDOSPORT.COM – Nama Peter Bonetti mungkin tak melegenda layaknya pemain-pemain besar dari lapangan hijau lainnya. Namun, pria asal Inggris ini begitu membekas di hati pendukung Chelsea mengingat sepak terjangnya di bawah mistar gawang.

Jika menyebut kiper legendaris asal Inggris, banyak pecinta sepak bola akan menyebut nama Gordon Banks dan David Seaman. Keduanya memiliki prestasi tersendiri karena kiprahnya selama berjibaku di bawah mistar gawang.

Namun, masih ada satu nama lainnya yang begitu membekas dan salah satu yang terbaik meski tak pernah mendapat apresiasi. Ia adalah Peter Bonetti.

Kiper satu ini mendapat julukan The Cat atau Si Kucing karena kegesitannya di bawah mistar gawang Chelsea dan Timnas Inggris. Sayang, pamornya kalah jauh dari Banks.

Peter Bonetti hanya berstatus kiper pelapis Gordon Banks di bawah mistar Timnas Inggris. Meski demikian, ia mendapat apresiasi dari legenda sepak bola dan pemain terbaik di eranya yakni Pele.

“Tiga kiper terhebat yang pernah kusaksikan adalah (Gordon) Banks, Lev Yashin, dan (Peter) Bonetti” tutur Pele.

Banyak yang mengatakan bahwa Bonetti hidup di era yang salah. Andai ia lahir dan bermain sebelum atau sesudah Banks, maka status kiper terbaik Inggris akan mampir kepadanya.

Julukan The Cat atau Si Kucing yang ia dapatkan tak lepas dari kegesitannya di bawah mistar gawang.  Bonetti menjadi pionir dari frasa ‘Kiper adalah penguasa kotak 16’.

Bonetti menjadi pionir kiper modern saat ini yang berani keluar dari areanya untuk merebut bola lambung dan memblok sepaka dengan menutup gerak lawan di luar areanya.

Peter Bonetti atau The Cat adalah sejatinya legenda bagi Chelsea. Pamornya naik tak hanya karena kegesitannya, melainkan juga kesetiaannya.